Setelah Gandum, India Juga Akan Batasi Ekspor Tepung

Ilustrasi tepung. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Jumat, 8 Juli 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - India akan memberlakukan pembatasan ekspor tepung. Hal tersebut merupakan langkah baru untuk melindungi pasar domestik dari krisis gandum global.

Mengutip Straits Times, Jumat (8/7/2022), ekspor biji-bijian gandum sangat dibatasi pada Mei untuk menopang cadangan pangan nasional. Keadaan tersebut juga bersamaan dengan kekurangan global dan lonjakan harga yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri mengatakan eksportir tepung perlu meminta persetujuan pemerintah terlebih dahulu untuk menjaga kualitas dan menstabilkan harga domestik.

Rusia dan Ukraina bersama-sama menyumbang hampir seperempat dari pasokan gandum global. Namun perang yang sedang berlangsung telah mengganggu rantai pasokan dan menyebabkan kekurangan pasokan di seluruh dunia.

Baca Juga: Setelah Gandum, India Juga Akan Batasi Ekspor Tepung
Ukraina Berbicara dengan PBB dan Turki Terkait Keamanan Ekspor Biji-bijian

Gandum adalah tanaman sereal utama di India. India sendiri merupakan produsen gandum terbesar kedua di dunia setelah Cina. India memproduksi 109 juta ton gandum tahun lalu tetapi hanya mengekspor sekitar tujuh juta ton.

Gelombang panas yang menerjang pada Maret dan April menyebabkan penurunan sekitar lima persen panen gandum. Keadaan itu memicu kekhawatiran akan kekurangan di pasar domestik.

Video Terkait