Pelosi Kunjungi Taiwan, Ada Kekhawatiran pada Rantai Perdagangan AS-Cina

Ilustrasi pelabuhan barang. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:15 WIB

Kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan jelas memicu kemarahan Cina. Para pejabat di AS mengatakan mereka mengawasi terjadinya potensi masalah pada rantai pasokan perdagangan.

Cina membalas Taiwan dengan larangan impor beberapa makanan asal Taiwan. Meskipun tidak ada ancaman perdagangan yang jelas terhadap AS saat ini, tindakan balasan apapun yang dilakukan Cina bisa berdampak pada konsumen di AS yang tengah bergulat dengan kekurangan pasokan pangan dan harga yang melonjak. 

Direktur eksekutif Pelabuhan Los Angeles, Gene Seroka, menyebut ketegangan antara AS dan Cina merupakan situasi yang rumit.

Kami sangat mengandalkan Cina untuk barang-barang yang kami bawa, suku cadang dan komponen untuk pabrik dan apa yang kami beli di toko. Saya pikir kekhawatirannya sangat rendah dari perspektif industri dalam rantai pasokan, tetapi kami akan mengawasi (kondisi) ini dengan cermat,” kata Seroka, mengutip News Nation, Jumat (5/8/2022). 

Baca Juga: Pelosi Kunjungi Taiwan, Ada Kekhawatiran pada Rantai Perdagangan AS-Cina
Cina Keluarkan Larangan Impor 2.000 Produk Makanan Taiwan

Kementerian Luar Negeri Cina memperingatkan adanya tindakan balasan. Meskipun tidak disebutkan terkait perdagangan, kedua belah pihak sangat menyadari bahwa AS mengimpor lebih dari tiga kali lipat jumlah barang dibanding yang diekspor ke Cina.

Sejak Senin 1 Juli 2022, ketika pejabat AS dan Taiwan mengonfirmasi kedatangan Pelosi untuk bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, Administrasi Bea Cukai Cina menangguhkan impor lebih dari 2.000 dari sekitar 3.200 produk makanan yang diimpor dari Taiwan.

Video Terkait