Wajib Dicek, Tips untuk Kamu yang Hendak Berbisnis Sembako

Ilustrasi Sembako. (Foto: Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 9 Agustus 2022 | 02:00 WIB

Sariagri - Bisnis sembako merupakan salah satu bisnis yang bisa dikatakan tidak akan pernah mati. Hal in lantaran masyarakat pastinya mencari bahan-bahan pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

Meski demikian, masih banyak orang menganggap bisnis ini sepele. Pada kenyataannya bisnis ini memang memberikan keuntungan, namun ada trik tertentu untuk meraih keuntungan tersebut.

Jika kamu tertarik dengan bisnis ini, berikut langkah-langkah yang kamu perlu kamu lakukan.

1. Buatlah Perencanaan dan Observasi

Lakukan perencanaan yang matang. Dalam hal ini kamu perlu melakukan riset dan observasi. Hal tersebut dikarenakan persiapan matang akan membantu kamu mengetahui peluang pasar, harga, lokasi yang tepat, dan bagaimana mengalokasikan modal yang efektif.

2. Memanfaatkan Modal dengan Efektif

Dengan melakukan perencanaan, riset dan observasi, maka akan memudahkan kamu mengalokasikan modal dengan efektif. Kamu disarankan untuk menemukan supplier yang terpercaya dan berkualitas untuk mendapatkan harga yang lebih murah serta bisa kamu ajak kerja sama untuk kebutuhan stok di tokomu.

3. Memilih Lokasi yang Strategis 

Lokasi menjadi salah satu komponen penting dalam berjualan. Kamu bisa mencari lokasi yang ramai, serta memiliki akses yang mudah. Jangan lupa untuk memastikan bahwa toko kamu memiliki gudang untuk menaruh stok barang dagangan.

Baca Juga: Wajib Dicek, Tips untuk Kamu yang Hendak Berbisnis Sembako
Kenaikan Harga Sembako di Ramadhan Sudah Jadi Tren

4. Lakukan strategi Promosi dan Pelayanan yang Terbaik

Dengan melakukan promosi, maka akan membantu mengenalkan kepada masyarakat. Berikan penawaran menarik agar pembeli tidak mudah bosan. Kamu juga bisa membuat harga paket barang yang bisa dijadikan bundling kepada pembeli.

5. Cek Arus Keuangan 

Hal yang paling penting dalam berbisnis atau berjualan adalah melihat arus keuangan. Dengan ini, maka kamu mengetahui apakah kamu untung atau merugi. Selain itu, kamu juga dapat memutuskan untuk menambah stok atau melakukan ekspansi lainnya.

Video Terkait