Cek Ketersediaan Stok, Mendag Zulhas Borong Bahan Pokok di Pasar

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Kemendag)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 8 Agustus 2022 | 16:15 WIB

Sariagri - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memborong sejumlah bahan pokok di Pasar Raya Padang ketika melakukan kunjungan guna memantau harga dan mengecek ketersediaan stok.

Tiba di Pasar Raya Mendag bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi, menanyakan dan mengecek harga bahan pokok mulai dari cabai merah, minyak goreng bawang dan lainnya. Mendag Zulhas bersama rombongan berkeliling pasar dan berdialog dengan pedagang.

Usai mengecek harga bahan pokok, Mendag langsung membeli sejumlah bahan pokok mulai dari cabai merah, bawang merah, minyak goreng hingga jajanan pasar.

Zulkifli langsung menyerahkan uang tunai kepada penjual dan mempersilakan masyarakat mengambil langsung bahan pokok yang sudah dibayarnya. Akibatnya terjadi kehebohan karena masyarakat berebut mendapatkan bahan pokok gratis yang sudah dibayar Mendag.

Zulkifli mengaku senang karena berdasarkan pemantauannya dijumpai stok bahan pokok melimpah dan harga stabil. Untuk minyak goreng curang terpantau turun menjadi Rp13.000 per liter.

"Alhamdulillah di Kota Padang, harga bahan pokok stabil bahkan cenderung turun. Bahkan, bawang merah murah di sini," kata dia.

Ia menyampaikan di Sumatera Barat pasokan minyak goreng juga mencukupi mulai dari kemasan premium, kemasan sederhana dan curah.

"Minyak goreng sudah banyak. Ada minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter, curah Rp13.000 per liter. Kalau yang premium tentu harganya beraneka ragam," katanya.

Dibandingkan minggu sebelumnya, beberapa komoditas mengalami penurunan harga di antaranya cabai merah keriting menjadi Rp68.000 per kilogram dan bawang merah Rp32.000 per kilogram. Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan hanya tepung terigu yang tercatat Rp12.000 per kilogram.

Kemudian harga beras medium tercatat Rp11.000 per kilogram, beras premium Rp13.000 per kilogram, gula pasir Rp14.000 per kilogram, minyak goreng kemasan premium Rp18.000 sampai Rp19.000 per liter.

Baca Juga: Cek Ketersediaan Stok, Mendag Zulhas Borong Bahan Pokok di Pasar
Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Menurun dan Stok Cukup

Lalu minyak goreng curah Rp12.500 per liter, daging sapi Rp140.000 per kilogram, daging ayam ras Rp36.000 per kilogram, telur ayam ras Rp25.600 per kilogram, dan bawang putih Rp20.000 per kilogram.

Kementerian Perdagangan juga melakukan pemantauan harga minyak goreng melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) di 216 pasar di seluruh Indonesia.

Video Terkait