Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Bakal Masuk Ekosistem Digital pada 2024

Ilustrasi umkm digital (Indonesian.go.id)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:15 WIB

Sariagri - Dalam pidato kenegaraanya di Sidang Tahunan MPR RI 2022, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan mengatakan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus terus didukung lewat digitalisasi agar segera naik kelas.

Kepala Negara mengatakan UMKM harus terus didukung agar bisa naik kelas. Digitalisasi ekonomi telah melahirkan dua decacorn dan sembilan unicorn untuk terus didorong guna membantu pemberdayaan UMKM.

"19 juta UMKM telah masuk dalam ekosistem digital dan ditargetkan sebesar 30 juta UMKM akan masuk ekosistem digital pada tahun 2024," kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Jokowi juga mengatakan berbagai bantuan pendanaan murah juga terus dilakukan. Di mana penayangan produk UMKM di E-katalog pemerintah diharapkan menyerap produk UMKM.

"Di saat yang sama, kewajiban APBN, APBD, dan BUMN untuk membeli produk dalam negeri juga akan terus didisiplinkan," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Bakal Masuk Ekosistem Digital pada 2024
Gandeng PBNU, Kemendag Ingin Naikkan UMKM Santri

Pihaknya juga menegaskan bahwa eformasi struktural untuk daya saing dan iklim berusaha terus kita lakukan. Ekosistem investasi dan pertumbuhan UMKM terus akan terus diperbaiki.

"Hilirisasi dan manufaktur di dalam negeri terus tumbuh pesat. Pertumbuhan investasi juga meningkat tajam, di mana 52% di antaranya, berada di Luar Jawa. Artinya, ekonomi kita bukan hanya tumbuh pesat, tetapi juga tumbuh merata, menuju pembangunan yang Indonesia Sentris," pungkasnya.

Video Terkait