Ivan Gunawan Keluhkan Ini ke Menteri Perdagangan

Ivan Gunawan. ([email protected])

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 24 Agustus 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Desainer yang juga selebritis, Ivan Gunawan mengaku kepada Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, terkait kesulitannya menemukan bahan baku kain yang bagus dan murah di Indonesia untuk merancang busana muslim.

Hal itu diungkapkan dalam sebuah acara Indonesia Muslim Fashion From Local Wisdom for Global Inspiration di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (23/8/2022).

"Saya sebenarnya kesulitan mencari bahan baku karena dibilang pemainnya semakin banyak, tapi bahan bakunya itu-itu saja," keluh Ivan Gunawan.

Lantas, dirinya terpaksa impor kain dari China. Ivan juga mengeluhkan kualitas kain-kain tersebut yang dinilai kurang sesuai kriteria.

"Bahan baku kain, Pak. awal-awal kita beli bahan dari China, tapi barangnya dari China ada lampu hijau, lampu merah, lampu kelap-kelip. Karya kita akhirnya tersendat," ungkapnya.

Di sisi lain, Ivan mengakui Indonesia sebenarnya kaya akan motif-motif kain berkualitas. Namun bila berbicara soal harga, per lembarnya bisa dibanderol mulai dari Rp 3,5-7 juta.

Sehingga karya-karya busana muslim buatannya hanya bisa dinikmati oleh kalangan menengah atas saja.

"Sedangkan market kita dari A-Z, karena komunitas muslim di Indonesia memang harus dari A-Z. Jadi kalau mau cuan-nya lebih banyak harus bermain di middle (class)," pungkas Ivan Gunawan.

Baca Juga: Ivan Gunawan Keluhkan Ini ke Menteri Perdagangan
Krisdayanti Kritik Mendag Soal Sulitnya Cari Minyak Goreng dan Harga Tinggi

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) mengutarakan keinginannya agar produk fashion muslim asal Indonesia bisa merajai dunia. Hal itu diungkapkannya dalam acara Road to Jakarta Muslim Fashion Week di Auditorium Kementerian Perdagangan.

"Saya kira saatnya Indonesia go global, menguasai dunia, khususnya untuk pakaian muslim. Kami akan mendukung, Kemendag, apa-apa yang diperlukan," pungkas Zulkifli Hasan.