Haarlem, Kota Pertama di Dunia yang Bakal Melarang Iklan Daging

Ilustrasi daging. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 8 September 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Haarlem, akan menjadi kota pertama di dunia yang melarang iklan daging atau produk makanan berbasis daging asli. Kota yang terletak di sebelah barat Amsterdam, Belanda tersebut memberlakukan larangan iklan daging untuk mengurangi konsumsi daging masyarakat kota itu.

Iklan daging dan produk turunan daging tidak akan diizinkan di bus kota, halte, atau papan iklan di tempat umum. Kebijakan ini merupakan bagian dari upaya negeri Kincir Angin itu untuk menurunkan jumlah emisi gas rumah kaca secara nasional yang dihasilkan oleh peternakan, terutama ternak sapi pedaging dan domba. Menurut PBB, 14% dari semua gas rumah kaca dihasilkan oleh ternak.

"Daging sama berbahayanya dengan lingkungan," kata anggota dewan Partai GroenLinks, Ziggy Klazes kepada publikasi Belanda Trouw.

"Kami tidak dapat memberi tahu orang-orang bahwa ada krisis iklim dan mendorong mereka untuk membeli produk yang merupakan bagian dari penyebabnya," imbuhnya seperti dilansir washingtontimes.com.

Baca Juga: Haarlem, Kota Pertama di Dunia yang Bakal Melarang Iklan Daging
Gara-gara Hal Ini, Cina Kembali Hentikan Impor Daging dari AS



Larangan iklan yang akan segera diberlakukan mulai 2024 ini bergabung dengan larangan iklan lain yang sudah diumumkan sebelumnya, seperti larangan penerbangan, mobil berbahan bakar gas dan industri berbahan bakar fosil fosil.

Sementara para petani di Belanda telah memprotes rencana pemerintah mereka untuk mengurangi emisi nitrogen sejak pertengahan musim panas melalui pengurangan jumlah ternak terutama sapi. Pemerintah Belanda ketika itu mengatakan bahwa banyak peternakan perlu mengurangi emisi hingga 70%.

Video Terkait