Keren! Produk Lada Bubuk asal Indonesia Dipamerkan di Malaysia

Lada Putih (Pixabay/congerdesign )

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 3 Oktober 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Produk unggulan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat berupa lada bubuk dengan merek lada batu layar mengikuti pameran Taste of Asia di Everrise di Kuching, Sarawak, Malaysia sejak 30 September - 2 Oktober 2022.

"Bersyukur sekali produk lada batu layar menjadi bagian dari 21 produk UMKM asal Kabupaten Sambas yang ikut pameran di Taste of Asia," ujar pelaku UMKM Lada Batu Layar, Juliansyah saat dihubungi di Kuching, Minggu.

Ia menjelaskan dengan adanya pameran Taste of Asia menjadi ajang untuk mengenalkan dan membuka peluang pasar lada terutama untuk ekspor.

"Dalam pameran ini diikuti lima negara Asia yakni Indonesia, Thailand, China, Korea Selatan, Vietnam dan Taiwan. Dengan ini tentu juga peluang kami sesama pelaku usaha berbagi pengalaman, informasi dan termasuk pasar," pria yang juga merupakan Kepala Desa Sendoyan, Kecamatan Sejangkung.

Menurutnya, saat ini produk lada bubuk masih berbasis produksi rumah tangga. Namun mulai tahun depan bisa berbasis pabrik lantaran saat ini tengah dibangun pabrik lada bubuk oleh pemerintah pusat.

"Desa kami yakni di Desa Sendoyan menjadi sentra hilirisasi produk lada berbasis ekspor. Pabrik tersebut bantuan pemerintah pusat dan implementasi dari Inpres Nomor 1 Tahun 2021 terkait percepatan pembangunan ekonomi perbatasan,"ucap dia.

Baca Juga: Keren! Produk Lada Bubuk asal Indonesia Dipamerkan di Malaysia
Selain Lada, Produk Unggulan Bangka Belitung Didorong Rambah Pasar Global

Saat ini menurutnya, pabrik sedang dalam proses pembangunan. Pabrik yang memakan anggaran Rp6 miliar tersebut menjadi harapan baru pengembangan produk dan nilai tambah produk untuk kesejahteraan petani.

"Kami berharap juga dengan adanya pabrik berdampak luas bagi ekonomi daerah dan tetap meminta pemerintah daerah bisa mendukung sarana dan prasarana seperti jalan dan lainnya," ucap dia.

Video Terkait