Harga Cabai Naik, Sejumlah Komoditas Lain Stabil di Lampung

Ilustrasi - Hasil pertanian cabai merah. (Pxhere)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 6 Oktober 2022 | 13:45 WIB

Sudah hampir sepekan harga cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Bandar Lampung, kembali naik hingga Rp5 ribu per kilogram. Hal itu dikeluhkan para pedagang karena omzet mereka menurun drastis akibat berkurangnya pembeli.

Keluhan disampaikan para pedagang di Pasar Tugu, yang ada di wilayah Kecamatan Tanjung Karang Timur, pada Selasa (4/10/2022) pagi. Menurut pedagang, cabai merah yang biasanya dijual Rp35 ribu kini naik menjadi Rp40 ribu per kilogram.

Menurut Andika dan Jam’un, pedagang cabai di Pasar Tugu mengatakan, kenaikan harga itu kemungkinan besar disebabkan faktor cuaca, sehingga panen petani berkurang drastis serta imbas kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM.

“Harga cabai merah naik turun. Pernah hanya Rp 30 ribu, tapi pernah juga melonjak naik sampai Rp80 ribu per kilogram,” ungkap Andika.

Meski demikian, harga komoditas lain seperti bawang putih, bawang merah, tomat, dan telur ayam masih terpantau stabil.

“Bawang merah sekarang Rp30 ribu, bawang putih Rp20 ribu, dan telur ayam Rp24 ribu per kilogram semuanya. Masih stabil dari beberapa minggu lalu, semoga terus stabil begini,” ungkap Evina, salah satu pedagang telur ayam di Pasar Tugu.

Meski harga sejumlah bahan pokok fluktuatif, omset pedagang juga masih stabil. Namun para pedagang berharap pemerintah bisa segera turun tangan, sehingga harga semua kebutuhan pokok kembali stabil.