Produk Mi Asal RI Ditarik, Mendag: Kita Akan Bela

Mendag Zulkifli Hasan saat mengunjungi Abu Dhabi. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 12 Oktober 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan merespons soal ditariknya beberapa produk mi Sedaap dari beberapa negara seperti, Taiwan, Hongkong dan terbaru dari Singapura. Zulhas pun siap berkoordinasi dengan perusahaan untuk bertanya terkait dengan permasalahan tersebut.

"Tentu kita akan bela produk kita ya, apa masalahnya kita akan koordinasi dengan pengusahanya, kalau ada masalah kita akan sempurnakan," kata Mendag Zulhas kepada wartawan di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Saat ditanya apakah produk Mie Sedaap di dalam negeri akan turut diperiksa, Mendag Zulhas tidak bisa memberikan kepastian, namun menurutnya, pihaknya akan mendukung dan membantu pengusaha.

"Nanti kita akan lihat seperti apa, tetapi kita dukung pengusaha-pengusaha kita agar serbu pasar internasional tadi ada kendala apa, tentu kita akan bantu," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Badan Pangan Singapura atau SFA menarik dua varian Mie Sedaap dari peredaran karena terindikasi mengandung pestisida jenis etilen oksida. Langkah ini serupa dengan Hong Kong yang telah lebih dulu menarik produk mi instan asal Indonesia itu.

SFA memerintahkan Sheng Sheng F&B Industries untuk menarik dua varian Mie Sedaap yaitu Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Proses penarikan sedang berlangsung saat ini.

Produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup yang ditarik adalah produk dengan masa kadaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara Mie Sedaap Korean Spicy Chicken yang ditarik yaitu yang masa kadaluwarsanya 21 Mei 2023.

"Penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Soup berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 17 Maret 2023. Sementara, penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berlaku untuk produk dengan masa kedaluwarsa 21 Mei 2023," tulis keterangan resmi yang dilansir dari CNA.

Baca Juga: Produk Mi Asal RI Ditarik, Mendag: Kita Akan Bela
Kabar Gembira, Jamu Indonesia Tembus Pasar Arab Saudi

Sementara itu, Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia, Sheila Kansil menangkis laporan tersebut. Ia menegaskan, Mie Sedaap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen, dari seluruh lini proses dan produksi.

"Berkenaan dengan publikasi yang beredar mengenai produk Mie Sedaap, kami memastikan tidak ada penggunaan pestisida dan Etilen oksida (EtO) pada Mie Sedap dan telah mengantongi persyaratan BPOM sehingga aman untuk dikonsumsi," pungkas Sheila.