Mendag Klaim Harga Kebutuhan Pokok Stabil dan Murah

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan merespon kegelisahan perajin tahu dan tempe. (Sariagri/Arief L)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Sabtu, 5 November 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa harga kebutuhan pokok cenderung stabil bahkan murah. Ia menyebutkan harga bawang Rp25 ribu per kilogram cabai 30 ribu per kg, ayam 32 ribu per kg, telur Rp26 ribu per kg, dan beras Bulog Rp9.000 per liter. Hal itua ia sampaikan saat mengunjungi Pasar Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat, 4 November 2022.

"Alhamdulillah harga-harga di sini stabil dan murah. Jadi terkendali dan murah," ujar Mendag.

Disamping itu, Mendag mengatakan bahwa minyak goreng dengan merek Minyakita juga tersedia dengan harga Rp14.000 per liter atau Rp15.000 per kilogram. Adapun harga tersebut sudah sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi.

Dalam kunjungan itu, Mendag juga memantau harga daging ayam yakni Rp33 ribu per kg, harga tersebut terbilang murah karena biasanya daging ayam dibanderol Rp35 ribu per kg. Sedangkan telur ayam terpantau stabil pada Rp26 ribu per kg.

Baca Juga: Mendag Klaim Harga Kebutuhan Pokok Stabil dan Murah
Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Menurun dan Stok Cukup

"Ayam itu biasanya paling murah Rp35 ribu, ini Rp33 ribu per kg pagi. Nanti siang Rp32 ribu. Kalau sudah tidak laku lagi jadi Rp31 ribu. Karena ayam itu kalau gemuk modalnya Rp24 ribu," ujar Mendag.

Mendag menyatakan bahwa harga kebutuhan pokok selalu menjadi perhatian pemerintah agar tetap stabil. "Jadi memang sembako ini tidak boleh terlalu mahal, tapi kalau terlalu murah, cabai misalnya Rp30 ribu sekilo, itu ya berarti kan dari pengepul, pengecer, pedagang bisa tidak untung. Makanya dipantau dan itu penting," jelasnya.