Blusukan ke Pasar, Jokowi Kaget Harga Migor-Tempe Naik

Presiden Jokowi kunjungi pasar Malangjiwan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah (Youtube)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 21 November 2022 | 12:15 WIB

Sariagri - Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke Pasar Malangjiwan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Blusukan kali ini ditemani gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Jokowi mengecek harga komoditas yang dijual di pasar, terutama pada sembako. Ia mengaku kaget ketika mengetahui ada kenaikan harga untuk minyak goreng dan tempe.

"Saya melihat harga tadi yang naik minyak, kaget juga tadi saya, tadi naik Rp 2.000. Terus tempe juga naik," kata Jokowi, seperti dilansir YouTube Sekretariat Presiden, Senin.

Jokowi menuturkan, kenaikan harga tempe disebabkan oleh harga kedelai yang naik. "Memang kedelainya sekarang di harga Rp 15.000, ya itu fakta di lapangan yang kita temukan dan nanti akan dicarikan solusinya," jelasnya.

Jokowi menambahkan, tujuannya untuk mengecek harga barang di pasar karena sudah menjelang akhir tahun. Selain itu, Kepala Negara juga membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang setempat.

Baca Juga: Blusukan ke Pasar, Jokowi Kaget Harga Migor-Tempe Naik
Harga Migor dan Tempe Naik, Presiden Jokowi: Nanti Dicari Solusinya

Jokowi menyatakan bahwa kenaikan harga barang di pasar berbeda-beda setiap provinsi. Oleh karenanya, ia selalu menyempatkan diri untuk mengecek langsung ke pasar setiap kunjungan ke berbagai daerah.

"Kondisi setiap provinsi berbeda. Saya cek di Bali, ternyata berbeda dengan provinsi yang lainnya. Kita cek ini di Jawa Tengah," ucapnya.