Dampingi Jokowi, Ganjar Cek Harga Bahan Pokok di Pasar

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengunjungi pasar Malangjiwan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jatengprov)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 21 November 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden RI Joko Widodo, dalam mengecek harga bahan pokok di Pasar Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Senin (21/11/2022). Blusukan ini sebagai salah satu upaya pencegahan inflasi menjelang akhir tahun.

Jokowi datang di lokasi sekitar pukul 08.15 WIB, disambut Ganjar di depan pasar. Keduanya berkeliling dan menyapa para pedagang, sekaligus mengecek harga-harga bahan pokok.

“Beberapa komoditas tadi stabil ya. Pak Presiden ingin meyakinkan saja apa yang terjadi di pasar-pasar, khususnya pasar tradisional seperti ini,” kata Gubernur Ganjar Pranowo.

Kendati begitu, Ganjar mengakui ada sejumlah komoditas mengalami kenaikan harga. Namun, sebagian besar relatif turun.

“Mudah-mudahan bisa semakin terkendali. Tadi kedelai yang agak tinggi, tapi relatif yang lain sudah turun,” lanjutnya.

Menurutnya, aktivitas Presiden Jokowi turun ke lapangan dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pokok. Utamanya terkait dengan pangan dalam konteks pencegahan inflasi.

“Ini bagian dari aktivitas Pak Presiden dalam menjaga kenaikan harga, khususnya terkait dengan pangan. Ini konteks pencegahan inflasi juga,” tegasnya.

Baca Juga: Dampingi Jokowi, Ganjar Cek Harga Bahan Pokok di Pasar
Blusukan ke Pasar, Jokowi Kaget Harga Migor-Tempe Naik

Sementara, Presiden Jokowi menuturkan, pengecekan harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional, untuk memastikan kondisi menjelang akhir tahun.

“Ini kan akhir tahun, kita mengecek harga-harga barang di pasar karena kondisi setiap provinsi berbeda-beda. Kemarin saya cek di Bali, ternyata berbeda dengan yang ada di provinsi yang lain. Nah, ini kita cek di Provinsi Jawa Tengah,” tuturnya.