Putin Pastikan Rusia Bakal Ekspor Lebih Banyak Pupuk ke Pasar Global

Ilustrasi kegiatan ekspor (Pxhere)

Editor: Dera - Jumat, 25 November 2022 | 10:00 WIB

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan bahwa negaranya siap untuk memperluas pasokan pupuk dan bekerja sama dengan semua mitra di bidang tersebut.

Dalam pertemuannya dengan Ketua Komisi Produksi dan Perdagangan Pupuk Mineral dari Persatuan Industrialis dan Pengusaha Rusia, Dmitry Mazepin, Putin menyebut ada hambatan buatan yang diciptakan oleh beberapa negara untuk ekspor pupuk Rusia yang berdampak negatif pada pasar global.

Sementara itu, Mazepin mengatakan kepada Putin bahwa sebanyak lebih dari 400.000 ton pupuk yang diproduksi oleh beberapa perusahaan Rusia saat ini ditahan di pelabuhan Eropa karena pemberlakuan sanksi.

Baca Juga: Putin Pastikan Rusia Bakal Ekspor Lebih Banyak Pupuk ke Pasar Global
Rusia Tingkatkan Kuota Ekspor Pupuk Hampir 700.000 Ton hingga Akhir Mei

Situasi ini sangat sulit. Semua perusahaan menghadapi masalah ini. Kami mencoba memecahkan masalah dengan cara yang berbeda sehingga pupuk yang khusus ditujukan untuk pasar berkembang, termasuk negara-negara Afrika, dapat dikirimkan,” ujar Mazepin, seperti dikutip Reuters.

Putin menyatakan pihak berwenang Rusia melakukan kontak dengan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres dan para pemimpin beberapa negara Afrika dalam upaya untuk menghilangkan berbagai hambatan tersebut.

 

Video Terkait