Mendag ke Cianjur: Jangan Manfaatkan Situasi untuk Naikkan Harga!

Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan bersama Paguyuban Petani Buah Naga (Panaba). (Dok.Humas Kemendag)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 November 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memastikan stok kebutuhan sembako terjaga dengan baik pascagempa yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Ia menyampaikan bahwa di seluruh wilayah terdampak gempa, harga sembako juga terpantau stabil.

"Jangan ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi bencana ini dengan menaikkan harga sembako," ujarnya sebelum memberikan bantuan Kemendag Peduli kepada korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Minggu (27/11/2022).

Mendag berkomitmen, akan terus memantau harga barang kebutuhan pokok di Cianjur. Apabila ada yang berspekulasi menaikkan harga barang kebutuhan pokok, Kemendag akan mengambil tindakan tegas.

"Jika nanti harga barang kebutuhan pokok naik, kita akan adakan operasi pasar,"jelasnya.

Setelah itu, Mendag bersama jajarannya, memberikan bantuan kepada korban gempa di Cianjur melalui program Kemendag Peduli. Dia berharap bantuan ini dapat meringankan beban korban yang terdampak.

"Saya menyampaikan turut berduka atas musibah yang menimpa saudara-saudara kami di Cianjur. Kami juga datang memberi sedikit bantuan, mudah-mudahan dapat berguna," jelasnya.

Sebagai informasi, bantuan Kemendag Peduli terdiri atas uang tunai senilai Rp90 juta yang diserahkan kepada pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur terdampak gempa.

Selanjutnya bantuan sebesar Rp300 juta diberikan kepada masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Cianjur, dan Rp927,5 juta kepada posko relawan di tiga titik lokasi terdampak gempa terparah, yakni di Kecamatan Cikamuning, Rawacina, dan Cikarenyom.

Baca Juga: Mendag ke Cianjur: Jangan Manfaatkan Situasi untuk Naikkan Harga!
Mendag Beberkan Harga Kebutuhan Pokok Alami Kenaikan, Ini Rinciannya

Pada kunjungan ke Cianjur, Mendag juga meninjau langsung ke lokasi korban gempa dengan menyerahkan bantuan di Kampung Cikamuning, Rawacina, dan Cikarenyom. Ketiga kampung tersebut terletak di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.

Bantuan yang diserahkan terdiri dari selimut, pakaian dalam pria dan wanita, pakaian anak-anak, hand sanitizer, makanan berupa biskuit dan kornet, minyak telon, serta vitamin.