Berkat Cina, Ekspor Jagung Negara Ini Alami Peningkatan Besar

Ilustrasi jagung. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 30 November 2022 | 19:00 WIB

Ekspor jagung Brasil kemungkinan akan melonjak drastis tahun depan jika para petani negara itu melakukan panen penuh dan ada permintaan kuat dari Cina.

Direktur Jenderal Asosiasi Eksportir Gandum Nasional Brasil ‘Anec’, Sergio Mendes, mengatakan bahwa negaranya siap mengekspor 40-50 juta ton jagung tahun depan. Hal itu didorong oleh protokol perdagangan baru dengan Cina dan potensi panen besar.

Brasil dapat mengekspor sebanyak 5 juta ton jagung saja ke Cina pada tahun 2023, untuk menjadikannya sebagai pemasok utama ke Cina bersama Amerika Serikat, seperti dilaporkan Reuters.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, permintaan impor Cina adalah 18 juta ton untuk siklus 2022/2023.

Ekspor jagung Brasil ke Cina sekitar 62.000 ton dalam satu tahun hingga Oktober. Menurut Mendes, kondisi itu kemungkinan akibat pembatasan oleh protokol lama yang ketat.

Volume ekspor Brasil secara keseluruhan dapat mencapai rekor tertinggi setelah Beijing mengizinkan sejumlah eksportir jagung Brasil di bawah protokol baru.

Baca Juga: Berkat Cina, Ekspor Jagung Negara Ini Alami Peningkatan Besar
Gara-gara Perang Rusia-Ukraina, Cina Tingkatkan Impor Jagung Asal Brasil

Analis Agrinvest, Eduardo Vanin, mencatat setidaknya tiga kapal ditunjuk untuk mengirim jagung Brasil ke Cina. Dia berharap lebih banyak pengiriman dalam beberapa minggu mendatang.

Anec memproyeksikan 38,3 juta ton ekspor jagung hingga akhir November. Untuk tahun penuh 2021, Brasil mengekspor 20,6 juta ton jagung, berkurang karena kekeringan yang merusak sebagian tanaman.