Wagub Lampung Minta Pelaku UMKM Lokal Tingkatkan Standard Produk

Wagub Lampung Chusnunia Chalim saat memberi keterangan. (Antara)

Editor: Rashif Usman - Jumat, 2 Desember 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim menyampaikan bahwa pelaku UMKM lokal yang ada di daerahnya harus terus meningkatkan standarisasi produk dan produktivitas.

"Pemerintah tentu selalu berusaha agar UMKM bisa semakin baik dari berbagai segi. Dan saat ini perlu adanya peningkatan dari segi produktivitas diiringi dengan standarisasi produk," ujar Chusnunia Chalim, di Bandarlampung, Jumat (2/12).

Ia mengatakan, dengan adanya perbaikan dua hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi UMKM.

"Produktivitas naik, standarisasi terpenuhi tentunya akan membuat pemakai produk merasa nyaman karena produk berkualitas. Ditambah dari hulunya UMKM dapat memasarkan produk dengan baik sehingga hal ini dapat merangsang pertumbuhan ekonomi," katanya.

Lebih lanjut, ia menerangkan pihaknya akan terus berusaha mendampingi pelaku UMKM yang ada di daerahnya agar mampu terus meningkatkan produktivitas, menghasilkan produk lokal berkualitas, terstandardisasi, serta berdaya saing.

"Akan terus dilakukan pendampingan, pelatihan, dan akan difasilitasi. Kemarin sudah diberikan pula bantuan secara langsung kepada salah satu pelaku UMKM berupa coffee roaster dan mesin penggiling bumbu, untuk meningkatkan produktivitas bagi UKM yang menerima pemberian Nomor Induk Berusaha," tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya perkembangan sektor UMKM dapat terus mendorong perekonomian Lampung tumbuh positif. Dimana pada triwulan III 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 3,91 persen dari tahun ke tahun.

"Pertumbuhan itu ditopang oleh kinerja konsumsi rumah tangga yang terus bertumbuh positif, dan adanya pertumbuhan ekspor yang meningkat. Ini harus terus dijaga salah satunya melalui peningkatan sektor UMKM," ucap dia.

Baca Juga: Wagub Lampung Minta Pelaku UMKM Lokal Tingkatkan Standard Produk
Lampung Minta Pelaku UMKM Lokal Tingkatkan Standard Produk

Sebagai tampahan informasi, Lampung terus berupaya memajukan UMKM, berdasarkan data perkembangan sektor Koperasi dan UKM, jumlah UMKM tercatat ada sebanyak 192.234 unit.

Yang terdiri dari usaha mikro 182.655 unit, usaha kecil sebanyak 9.303 unit dan usaha menengah sebanyak 276 unit.

Dan sampai dengan Senin 28 November 2022 telah ada 98.306 atau 99,43 persen usaha mikro dan kecil di Lampung yang telah memiliki legalitas berusaha melalui kepemilikan nomor induk berusaha (NIB) dari total jumlah NIB di Provinsi Lampung yaitu sebanyak 98.869 NIB.