Peringatan dari Produsen: Inggris Mulai Tak Menarik untuk investasi

Petani di Inggris berencana gelar aksi demo. (Farminguk.com)

Editor: Yoyok - Senin, 9 Januari 2023 | 15:00 WIB

Sariagri - Sebuah survei yang mengutip pendapat kalangan produsen menyebutkan Inggris menjadi kurang kompetitif dan kurang menarik bagi investor asing sebagai akibat dari melonjaknya biaya energi dan gejolak politik baru-baru ini.

Survei mengungkapkan proporsi pabrikan menganggap Inggris sebagai lokasi yang kompetitif berkurang setengahnya menjadi 31 persen dari 63 persen tahun lalu, dan 43 persen mengatakan Inggris menjadi kurang menarik bagi investor luar negeri. 

Demikian hasil survei yang dirilis pada Senin (9/1/2023) oleh Make UK, badan perdagangan utama untuk pabrikan Inggris, dan akuntan PwC.

Survei terhadap 235 bisnis dilakukan dari 1 November hingga 22 November, ketika gejolak pemerintahan Liz Truss yang berumur pendek masih segar di benak orang, dan 53 persen perusahaan mengatakan ketidakstabilan politik yang sedang berlangsung telah merusak kepercayaan bisnis.

Pekan ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Jeremy Hunt akan menguraikan rencana tentang mengurangi subsidi energi untuk pelanggan bisnis.

Menkeu Inggris mengatakan rencana tersebut cenderung mengarah pada pengurangan yang memperburuk pekerjaan dan produksi yang sedang menunggu penyelesaian.

Saat survei dilakukan pada November, dua pertiga produsen memperkirakan akan mengurangi jumlah karyawan atau memangkas produksi karena biaya energi yang tinggi.

Manufaktur di Inggris telah kesulitan akhir-akhir ini, dengan survei bisnis S&P Global yang diawasi ketat menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan yang lebih parah pada Desember dibandingkan rekan negara Kelompok Tujuh (G7) lainnya.

"Tahun depan akan sangat menantang bagi produsen dengan berbagai faktor yang menguji tekad mereka," kata Stephen Phipson, kepala eksekutif Make UK.

"Gangguan rantai pasokan yang sedang berlangsung, akses ke tenaga kerja dan biaya transportasi yang tinggi yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda dapat menambah rasa ketidakpastian ekonomi dan politik yang meningkat di pasar-pasar utama mereka."

Baca Juga: Peringatan dari Produsen: Inggris Mulai Tak Menarik untuk investasi
Neraca Pembayaran RI Defisit 1,3 Miliar Dolar AS, BI: Masih Tetap Baik

Phipson mengatakan ada risiko yang signifikan bahwa produsen Inggris akan "jatuh melalui celah-celah" jika pemerintah gagal menandingi kedermawanan program dukungan tagihan energi yang dimiliki pesaing Inggris.

Akhir pekan lalu, Daily Telegraph melaporkan rencana pemerintah Inggris untuk mengurangi subsidi energi untuk bisnis akan membuat biaya dukungan turun sebesar 85 persen selama tahun keuangan berikutnya, membatasi biaya hingga 5 miliar pound (6 miliar dolar AS).