Harga Ayam Anjlok, Peternak Lakukan Aksi Demo di Kantor Kemendag

aksi demo peternak ayam. (ist)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 10 Januari 2023 | 14:00 WIB

Sariagri - Puluhan peternak ayam broiler yang tergabung dalam Komunitas Peternak Unggas Nasional (KPUN) gelar aksi demonstrasi di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada Selasa (10/1/2023).

Ketua KPUN, Alvino Antonio, mengatakan, harga ayam hidup di kandang kembali turun sejak libur Natal dan tahun baru lalu. Dari acuan harga ayam Rp21 ribu per kg hingga Rp23 ribu per kg, harga yang diterima peternak anjlok bahkan menyentuh Rp15 ribu per kg, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Sementara, di Jawa Barat rata-rata harga hanya sekitar Rp 18 ribu per kg. Adapun, biaya produksi ayam saat ini sudah berada pada kisaran Rp19.500 per kg hingga Rp20.500 per kg.

"Penurunan harga ini cukup lama. Indikasinya karena masih banyak perusahaan integrator yang berbudi daya dan menjual ayam hidupya bersamaan dengan milik peternak rakyat," kata Alvino.

Kendati demikian, perusahaan integrator juga dapat menjual murah ayamnya, tapi Alvino mengatakan kerugian yang dialami cukup minim bahkan tak mengalami kerugian. Sebab, para integrator sekaligus menjadi sebagai produsen day old chick (doc) atau anak ayam usia sehari, pakan, obat-obatan, hingga saluran distribusi sendiri yang sudah tersistem.

Baca Juga: Harga Ayam Anjlok, Peternak Lakukan Aksi Demo di Kantor Kemendag
Agar Tidak Ada yang Dirugikan, Peternak Daerah Ini Minta Disparitas Harga Telur di Pasaran

"Sedangkan kami peternak, membeli sarana produksi dan pakan dari mereka tentu saja dengan harga mahal, kami jadi kalah bersaing di sini," kata dia.

Pihaknya pun menuntut, Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan presiden tentang perlindungan peternak ayam ras. Ia sekaligus meminta pemerintah mengevaluasi kinerja Kementerian Pertanian, Badan Pangan Nasional, Kementerian Perdagangan, Kemenko Bidang Perekonomian, dan Satgas Pangan.

"Karena kami sebagai pelaku UMKM masih belum merasakan keberadaan lembaga negara tersebut,"tukasnya.