Harga Beras Bakal Segera Turun, Ini 'Sinyal' dari Buwas

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso memperlihatkan stok kebutuhan beras di gudang Bulog.(ANTARA News.com)

Editor: Dera - Selasa, 24 Januari 2023 | 12:30 WIB

Sariagri - Dirut Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) memprediksi jika harga beras bakal segera turun. Dirinya bahkan optimis harga beras akan turun dalam waktu lima hari ke depan. 

“Kalau saya sih pinginnya begitu saya gelontorkan, harga beras langsung turun. Ngapain lama-lama ya kan? Tapi saya estimasi, begitu saya gelontorkan, ya 4-5 hari baru ada perubahan,” ungkap Buwas, seperti dilansir laman resmi bulog.co.id

Namun hal tersebut menurutnya bisa tercapai jika tidak ada hambatan dalam penyaluran beras ke berbagai wilayah Indonesia. Pasalnya, dirinya menduga "mafia beras" akan mencoba menghalangi penyaluran sehingga harga beras tetap tinggi di pasaran. 

“Beras sudah tersebar kok, jadi tidak ada alasan untuk tidak turun harganya. Jadi tolong diawasi saja, nanti sampaikan ke saya kalau ada yang tidak turun, nanti akan kita evaluasi,” pungkasnya. 

Baca Juga: Harga Beras Bakal Segera Turun, Ini 'Sinyal' dari Buwas
Curiga Ada Mafia, DPR Desak Pemerintah Audit Gudang Beras Perusahaan Besar

Demi terjangkaunya harga beras, Buwas bahkan meminta masyarakat membeli langsung beras di gudang Bulog. 

“Saya maunya itu rumah tangga langsung beli ke Bulog, wah pasti turun langsung (harga beras). Gudang rame kayak semut, nggak apa-apa. Kan kasihan sekarang masyarakat. Siapa yang nggak butuh beras? Siapa yang nggak butuh nasi?” ungkap Buwas.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, jika Presiden Jokowi sangat mengamati perkembangan harga beras serta penyaluran beras  agar tepat sasaran. 

“Saya berharap secepat mungkin harga beras turun,” harap Buwas.