Ekspor Daun Cincau Kering Parepare ke Hongkong Melejit

Ilustrasi - Daun cincau (Balittro)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 23 Maret 2021 | 15:40 WIB

SariAgri -  Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Parepare mencatat ekspor daun cincau kering asal Parepare ke Hongkong meningkat signifikan. Karantina Pertanian Parepare memfasilitasi 8,9 ton daun cincau kering dengan nilai ekonomi Rp101,37 juta.

Jumlah ini meningkat 73,45 persen pada periode yang sama di tahun sebelumnya 5,1 ton, dengan nilai ekonomi Rp56 juta dengan negara tujuan sama.

“Selain produktivitasnya yang meningkat, kualitasnya juga terjaga semoga ini dapat terus ditingkatkan juga untuk komoditas pertanian unggulan ekspor Parepare lainnya," ujar Kepala Karantina Pertanian Parepare, Andi Faisal, Selasa (23/3/2021).

Faisal berharap, ke depan selain volume dan nilainya yang meningkat, negara tujuan ekspor daun cincau kering juga dapat bertambah. Karantina Pertanian Parepare siap mengawal laju ekspor komoditas di daerahnya.

Kepala Badan Karantina Pertanian, Ali Jamil mengapresiasi peningkatan ekspor daun cincau kering dari Parepare di tahun 2021. Dia menjelaskan program strategis yaitu Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) komoditas pertanian bertujuan menggairahkan komoditas ekspor dan peningkatan kesejahteraan petani.

“Salah satunya melalui korporasi berbasis komoditas tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, dan komoditas strategis ekspor lainnya,” jelasnya.

Baca Juga: Ekspor Daun Cincau Kering Parepare ke Hongkong Melejit
NTP dan NTUP Naik, Kementan: Kesejahteraan Petani Jadi Agenda Utama

Untuk diketahui, dari data pada sistem perkarantinaan, IQFAST Badan Karantina Pertanian (Barantan), selain Hongkong, negara tujuan ekspor cincau kering adalah Tiongkok, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Tanaman cincau (Mesona palustris) merupakan jenis perdu yang tumbuh subur di Indonesia. Khasiatnya sudah diketahui khalayak dapat meredakan panas dalam. Tak hanya itu, ternyata cincau juga kaya kandungan phenolic dan fitonutrien yang bermanfaat sebagai sumber antioksidan, meningkatkan imun, kekebalan tubuh, dan melawan bakteri.