Pemkot Bandung Siapkan Paket Subsidi Pangan

Pedagang di Pasar Baru Bekasi, Jawa Barat. (SariAgri/Dwi Rachmawati)

Editor: M Kautsar - Kamis, 8 April 2021 | 16:50 WIB

SariAgri - Pemerintah Kota Bandung menyiapkan paket subsidi pangan yang bisa ditebus dengan harga murah oleh warga penerima manfaat menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung, Elly Wasliah mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung beserta aparat kewilayahan di tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kita sudah siapkan, ada subsidi kebutuhan barang pokok. Ini salah satu program pelaksanaan janji wali kota dan wakil wali kota untuk menciptakan khusus Bandung Sejahtera,” ucap Elly, Rabu (7/4).

Elly mengatakan, paket sembako tersebut berisi beras premium seberat 5 kilogram, gula pasir sebanyak 2 kilogram, minyak goreng sebanyak 2 liter, terigu sebanyak 1 kilogram, dan 1 kaleng daging kornet. Keseluruhan paket ini senilai Rp150 ribu.

“Nanti dari pemerintah kota akan disubsidi sebesar Rp100 ribu. Jadi masyarakat penerima manfaat hanya membayar Rp50 ribu saja,” ujarnya.

Untuk sasaran penerima paket sembako bersubsidi ini, lanjut Elly, diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data ini berisi warga yang masuk dalam kategoril 3 dan 4 atau hampir miskin dan rentan miskin.

Sedangkan untuk pembagian kuota penerima, Elly berkoordinasi dengan kelurahan dan kecamatan sesuai dengan jumlah penerima dan sebaran jumlah RT.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinsosnangkis yang memang mempunyai kewenangan DTKS. Penerimanya desil 3 dan desil 4 karena ada berbayar Rp50 ribu. Data ada semuanya di kecamatan,” jelasnya.

Elly memaparkan, untuk pendistribusian sembako bersubsidi akan dimulai pada pertengahan bulan Ramadan. Jadwal pendistribusian akan diatur secara serempak.

“Dibagikan nanti 10 hari menjelang Idul Fitri, jadi akhir April. Selama 6 hari, satu hari satu wilayah akan kita selesaikan pada 2 Mei,” katanya.