Gubernur Jatim Jamin Stok dan Harga Sembako Ramadan hingga Lebaran Aman

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meninjau stok dan harga tembakau di Kabupaten Lamongan. (Foto: Sariagri/Arief L)

Editor: M Kautsar - Selasa, 13 April 2021 | 16:00 WIB

SariAgri - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Lamongan saat Ramadan hari pertama.

Sidak ke pasar dengan didampingi Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, bertujuan memastikan stok dan pasokan kebutuhan sembako selama Ramadan hingga lebaran untuk masyarakat aman.

Salah satunya terpantau di pasar tradisional  Sidoharjo Lamongan Jawa Timur, Khofifah mendatangi satu per satu stan pedagang untuk ditanyai seputar harga sejumlah kebutuhan pokok dan ketersedian stok barang untuk satu bulan ramadan mendatang.

Sejumlah pedagang mengaku selain harga cabai, seperti beras, gula, daging ayam hingga telur semua stabil dan pasokannya lancar. Namun untuk harga cabai masih di kisaran Rp100 ribu per kilogram.

Oleh karena itu, Khofifah mengajak masyarakat untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan demi menjaga keberadaan stok dan stabilitas harga di pasaran.

Baca Juga: Gubernur Jatim Jamin Stok dan Harga Sembako Ramadan hingga Lebaran Aman
Harga Gula Pasir di Pasar Lenteng Agung Masih di Atas Rp12.500/kg



“Setiap momen hari besar agama seperti Ramadan sudah menjadi kebiasaan harga kebutuhan pokok akan mengalami kenaikan harga karena kebutuhan konsumen meningkat. Baru saja kita melihat ke beberapa pasar di Lamongan ini ada beberapa bahan pokok naik melebihi dari harga biasanya,“ kata Khofifah, kepada SariAgri, Selasa (13/4).

Namun demikian, sejauh ini imbuh Khofifah stok maupun harga sembako di pasar masih relatif stabil. Bahkan ada beberapa komoditas yang harganya cenderung turun. Seperti beras dan telor ayam. Sedangkan cabai harganya masih relatif tinggi.

“Hari ini saya ingin pastikan stok sembako diantaranya beras hingga stok daging ayam maupun sapi aman selama Ramadan hingga lebaran nanti. Mudah-mudahan harga juga tetap stabil dan tidak ada lonjakan,“ pungkasnya.