Volume Ekspor Komuditas Unggulan Biji Kopi dan Lada Terus Naik

Ilustrasi biji kopi (Antara)

Penulis: Andry, Editor: Reza P - Jumat, 30 April 2021 | 06:00 WIB

SariAgri - Volume ekspor komoditas pertanian Lampung menurut pihak Balai Karantina Pertanian Lampung kini  setiap tahunnya mengalami kenaikan. Data pada tahun 2020, ada peningkatan ekspor biji kopi dan lada sebagai salah satu komoditas unggulan pertanian Lampung.

Pada 2019, ekspor biji kopi Lampung 215 juta kilogram (kg), dan biji lada mencapai 15 juta kg. Sedangkan pada 2020 biji kopi Lampung mencapai 237 juta kg, dan biji lada mencapai 25 juta. Ada juga ekspor cengkeh yang mencapai 130 ton.

Bahkan, menurut pihak Balai Karantina Pertanian Kelas I Bandar Lampung, pada caturwulan pertama tahun 2021, nilai ekspor komoditas pertanian Lampung naik Rp1,589 triliun sehingga total menjadi Rp 4,063 triliun dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Berdasarkan data Indonesian Quarantine Full Automation System (IQFAST), ada kenaikan nilai ekspor komoditas pertanian milik Lampung,” ujar Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muh Jumadh, Kamis (29/4).

Pada catur wulan pertama ini, Lampung melakukan ekspor dengan total sebanyak 540,62 ribu ton.

Ilustrasi  <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/37454/Tanaman'>Tanaman</a>  Lada. (Unsplash/ Tony Pham)
Ilustrasi Tanaman Lada. (Unsplash/ Tony Pham)

Menurut Jumadh, selain kenaikan nilai dan volume ekspor, tercatat ada pula kenaikan pada jumlah sertifikat kesehatan komoditas pertanian yang diterbitkan.

Baca Juga: Volume Ekspor Komuditas Unggulan Biji Kopi dan Lada Terus Naik
Lika Liku Lada Muntok Menembus Pasar Dunia

“Selain kenaikan nilai ekspor sebanyak 37 persen tersebut, kami juga telah menerbitkan sertifikat kesehatan komoditas pertanian sebanyak 3.005, lebih banyak dari tahun lalu tercatat hanya ada 2.379 sertifikat,” tambahnya.

Peningkatan nilai ataupun volume ekspor komoditas pertanian Lampung terus dilakukan, salah satunya dengan mendorong komoditas dapat diekspor secara langsung ke negara tujuan.

Video Terkait