Begini Cara Kemendag Dorong Konsumsi Rumah Tangga di Tengah Larangan Mudik

Ilustrasi belanja online

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 4 Mei 2021 | 13:30 WIB

SariAgri - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencanangkan program Hari Bangga Buatan Indonesia (HBBI) 2021. Melalui program yang akan dimulai pada 5 Mei 2021 diharapkan dapat mendorong konsumsi rumah tangga di tengah kebijakan pemerintah melarang mudik lebaran.

“Perencanaan HBBI 2021 menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar momentum ramadan dan Idul Fitri 2021 harus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik,” ujar Mendag Muhammad Lutfi.

Pencanangan HBBI 2021 didukung 72 platform e-commerce yang memberikan sejumlah promosi pada 5–13 Mei 2021 mendatang. Melalui HBBI 2021, pemerintah mendorong platform e-commerce untuk menyediakan program gratis ongkos kirim (ongkir) dan program promosi belanja.

“Mudik tahun ini adalah ‘mudik di hati’ yang diharapkan berbagai promo tersebut mampu mendorong masyarakat menunda mudik lebaran sekaligus meningkatkan keinginan masyarakat berbelanja produk Indonesia,” kata Mendag.

Mendag dalam Forum Merdeka Barat 9, Senin (3/5/2021) berharap HBBI 2021 dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggan akan produk buatan Indonesia. Kecintaan dan kebanggan itu perlu diwujudkan dalam sebuah tindakan nyata. Bentuk paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia dengan membeli dan menggunakan produk buatan dalam negeri.

"Semoga belanja daring di HBBI 2021 turut membantu menggerakkan perekonomian nasional,” tambahnya.

Sementara itu Menteri Kominfo, Johnny G. Plate menyebut program HBBI sebagai langkah konkret guna mendukung pemulihan dan kebangkitan perekonomian Indonesia.

“Penyelenggaraan HBBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama bulan suci ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” kata Johnny.

Baca Juga: Begini Cara Kemendag Dorong Konsumsi Rumah Tangga di Tengah Larangan Mudik
Perangi Produk Pertanian Palsu di E-commerce, Pemerintah Gandeng CropLife

Johnny menambahkan HBBI 2021 juga perlu dimaknai sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan Akselerasi Transformasi Digital Nasional. Menurt dia, penggunaan platform e-commerce untuk memfasilitasi para pelaku usaha dalam negeri agar lebih mandiri dan berdaulat digital dalam transformasi digital Indonesia.

“Penggunaan platform secara masif ini juga didukung Pemerintah dengan penyediaan infrastruktur digital, talenta dan literasi digital serta penguatan perlindungan data pribadi para konsumen, yang dilakukan secara kolaboratif antara pemerintah, konsumen dan penyelenggara platform e-commerce,” tandasnya.