Jelang Lebaran, Pedagang Kue Dadakan di Aceh Raih Omzet Jutaan Rupiah

Pedagang dadakan di ruas Jalan Nasional Meulaboh, Aceh. (Antara)

Editor: Dera - Sabtu, 8 Mei 2021 | 08:00 WIB

SariAgri - Sejumlah pedagang kue dadakan di sepanjang ruas Jalan Nasional Meulaboh ibu kota Kabupaten Aceh Barat mengaku mampu meraih omzet jutaan rupiah setiap harinya, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Alhamdulillah, bulan suci Ramadan tahun ini kami mampu meraih omzet mencapai Rp2,5 juta hingga Rp3 juta per hari dari berjualan aneka kue kering,” kata salah seorang pedagang kue kering, Reza, di Meulaboh.

Ada pun kue yang dijual oleh pedagang di sepanjang ruas jalan protokol tersebut seperti kacang madu seharga Rp60 ribu per kilogram, kacang mete, kacang arab bali, serta kacang Arcis yang dijual masing-masing Rp50 ribu per kilogram.

Sedangkan aneka kue kering produksi rumahan atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) milik masyarakat, juga turut dijual dengan harga berkisar antara Rp75 ribu rupiah hingga Rp90 ribu per toples ukuran sedang.

Reza mengakui pendapatan dirinya bersama dengan sejumlah pedagang kue kering dadakan lainnya di Meulaboh, Aceh Barat, mengalami peningkatan pada tahun ini.

Jika dibandingkan pada tahun 2020 lalu, kata dia, pendapatan atau omzet yang diraih pedagang tidak sebesar tahun ini.

“Kalau Ramadan 2020 lalu jauh lebih kecil setiap harinya, sekitar Rp1 jutaan per hari,” katanya menambahkan. seperti dikutip dari Antara

Dirinya berharap pertumbuhan ekonomi pada tahun ini semakin lebih membaik dan pandemi COVID-19 diharapkan akan segera berakhir.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pedagang Kue Dadakan di Aceh Raih Omzet Jutaan Rupiah
Sesuaikan Harga Beras, Ini Patokan Besaran Zakat Fitrah di Banten  

Sementara itu, Sarah seorang pembeli warga Desa Suak Ribee, Meulaboh, mengatakan banyaknya pedagang kue kering dadakan yang berjualan di daerah itu sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Lebaran.

“Kalau bikin kue kan repot, apalagi butuh waktu yang lama untuk membuatnya. Kami sangat terbantu dengan dagangan kue kering dadakan ini,” katanya senang.