Mangkrak, Wamendag Minta SRG Jagung di Minahasa Dioperasikan Lagi

Ilustrasi - Produksi jagung. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 30 Juni 2021 | 16:50 WIB

SariAgri - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan sistem resi gudang (SRG) merupakan instrumen tunda jual. Artinya jika harga suatu komoditas sedang turun, petani dapat menyimpan hasil panennya di SRG selama beberapa bulan dan menjualnya ketika harga naik.

“Sangat disayangkan kalau SRG tidak difungsikan karena gudang tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Jerry.

Wamendag melakukan kunjungan ke gudang SRG Silo di Desa Teep Kapitu, Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa Selatan, Selasa (29/6/2021). Kunjungan itu untuk memastikan pemanfaatan SRG ke depan bisa berjalan maksimal.

Jerry meminta Pemkab Minahasa Selatan dapat memfungsikan kembali SRG Silo untuk komoditas jagung setelah sempat berhenti beroperasi.

“Skema resi gudang bisa membantu petani mendapatkan harga tawar yang lebih baik dan jaminan penyerapan pasar. Apalagi jagung di Kabupaten Minahasa Selatan menjadi komoditas daerah dengan keunggulan komparatif yang harus benar-benar diperhatikan,” tegasnya.

Wakil Bupati Minahasa Selatan, Petra Yani Rembang berjanji menghidupkan kembali SRG yang mangkrak selama beberapa tahun terakhir. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah guna memaksimalkan pemanfaatan SRG agar petani terbebas dari tengkulak yang kerap kali menekan harga komoditas jagung.

Baca Juga: Mangkrak, Wamendag Minta SRG Jagung di Minahasa Dioperasikan Lagi
Volume Ekspor Komuditas Unggulan Biji Kopi dan Lada Terus Naik

Petra berharap terus mendapatkan dukungan Kemendag dalam hal ini mencakup pembiayaan dan manajemen pengelolaan sehingga bisa memaksimalkan pemanfaatan SRG Silo untuk komoditas jagung.

“Saat ini kami membutuhkan dukungan Kemendag agar dapat memfasilitasi penambahan luas gudang SRG ini yang tentunya akan dapat menampung komoditas jagung dalam jumlah besar,” pungkasnya. 

Video terkait:

Video Terkait