Mendag Optimis Nilai Ekspor UMKM Indonesia Naik di Expo 2020 Dubai

berita agribis - Ilustrasi UMKM (Foto: Antara)

Editor: Reza P - Sabtu, 2 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Sariagri - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan berbagai upaya dilakukan pemerintah agar Ekspor produk UMKM bisa terus meningkat. Salah satunya melalui kegiatan Expo 2020 Dubai.

“Di sini Indonesia juga ingin menunjukkan eksistensi dan kontribusi Indonesia hari ini dengan produk yang sustainable, hijau dan bertanggung jawab, di masa yang akan ekonomi Indonesia bakal dinahkodai oleh ekonomi digital,” ujar Lutfi dalam "45 Menit Bersama Menteri Perdagangan" Jelang Expo 2020 Dubai : UMKM Ekspor ke Timur Tengah, Jumat (1/10).

Lutfi mengakui, jumlah pelaku ekspor dari UMKM Indonesia jumlahnya kini mencapai hingga 15 ribu atau mencakup 85 persen dari total eksportir Indonesia.

Namun, kontribusi nilai ekspor UMKM terhadap total ekspor nasional masih tidak lebih dari 5 persen.

“Ini harus kita ubah, mudah-mudahan melalui dialog dan kerja sama semua pihak bisa dicari jalan keluar dari masalah-masalah yang ada,” tambah Lutfi.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia), Arsjad Rasjid mengatakan bahwa Indonesia harus membuat fondasi ekonomi yang kokoh dengan menjadikan UMKM sebagai kekuatan dalam ekonomi.

“Kita harus bersama-sama memastikan bahwa UMKM dan produk Indonesia bisa diekspor ke luar negeri, apalagi di masa digitalisasi saat ini menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk bisa loncat,” kata Rasjid.

Baca Juga: Mendag Optimis Nilai Ekspor UMKM Indonesia Naik di Expo 2020 Dubai
Gandeng AOI dan Trubus, Kemendag Dorong UKM Produk Organik Tembus Pasar Dunia

Kadin, lanjut Rasjid, menjadi rumah bagi para pelaku usaha besar maupun mikro. Karena itu, melalui kerja sama dan koordinasi yang baik dengan Kemendag menjadi jalan tepat untuk bersama-sama membantu mengembangkan UMKM ekspor.

“Kami ingin apapun yang bisa dilakukan secara bersama bisa membuka dan meringankan serta efisiensi kegiatan ekspor,” tambah Rasjid.

Video Terkait