'Aku Siap Ekspor' Bantu UMKM Produk Dekorasi Rumah dan Furnitur ke Pasar Global

Ilustrasi - Produk furniture. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 12 Oktober 2021 | 15:10 WIB

Sariagri - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menandatangani perjanjian kerja sama program bertajuk "Aku Siap Ekspor" untuk mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) memasuki pasar internasional. Kerja sama ini melibatkan Kemendag, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), dan Business and Export Development Organization (BEDO).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Didi Sumedi optimistis program kerja sama itu akan mendorong kenaikan ekspor produk terutama produk dekorasi rumah dan furnitur kecil.

“Melalui kerja sama ini, Kemendag bersama instansi lainnya bersinergi memfasilitasi para pelaku usaha produk dekorasi rumah dan furnitur kecil Indonesia melalui pembinaan intensif agar dapat masuk ke pasar Amerika Serikat, Kanada, Australia, Afrika Selatan, dan pasar-pasar internasional lainnya,” ujar Didi dikutip, Selasa (12/10/2021)

Didi menjelaskan program “Aku Siap Ekspor” ditujukan untuk membantu UMKM menyusun rencana pemasaran yang mempertimbangkan target pasar, sehingga pelaku usaha mendapat pembeli dari mancanegara, khususnya UMKM atau perusahaan yang masih di fase awal dalam persiapan ekspor. Titik berat program ini fase persiapan ekspor. Fase ini meliputi penguatan internal organisasi UKM, pendampingan penyusunan strategi dan rencana ekspor, praktik bisnis dan negosiasi, serta materi-materi pendukung lainnya.

Program "Aku Siap Ekspor" telah dilaksanakan sejak Juni 2021, dimulai dengan sosialisasi kepada pelaku usaha dekorasi rumah dan furnitur kecil di seluruh Indonesia. Hasilnya, 114 peserta program terseleksi akan dibimbing secara langsung pelatih dan mentor berpengalaman di industri dekorasi rumah dan furnitur kecil yang merupakan anggota Dekranas, HIMKI, dan BEDO.

“Sebagai salah satu sektor penyumbang peningkatan ekonomi yang besar di Indonesia, produk dekorasi rumah dan furnitur memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia. Oleh sebab itu, kami memandang perlunya peningkatan daya saing ekspor produk tersebut,” imbuh Didi.

Baca Juga: 'Aku Siap Ekspor' Bantu UMKM Produk Dekorasi Rumah dan Furnitur ke Pasar Global
Produk Kerajinan Kayu, Bambu dan Rotan Indonesia Laris Manis di Italia

Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Kemendag Marolop Nainggolan berharap pengetahuan yang didapat UKM peserta dari program ini akan bermanfaat melipatgandakan kinerja ekspor para UKM.

“Diharapkan dengan adanya program ‘Aku Siap Ekspor’ ini, pelaku usaha dekorasi rumah dan furnitur kecil Indonesia dapat memperoleh pengetahuan untuk dapat mengekspor produknya ke pasar internasional dari para tenaga ahli yang terlibat dan meningkatkan omzet sebanyak tiga kali lipat,” tandas Marolop.

Video terkait:

 

Video Terkait