Perdana, Keripik Kentang Asal Jawa Barat Diekspor ke Amerika dan Cina Senilai Rp2 Miliar

Ilustrasi keripik kentang. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 4 November 2021 | 14:30 WIB

Sariagri - Untuk pertama kalinya, produk keripik kentang asal Kabupaten Bandung Barat diekspor ke Amerika Serikat dan Cina. Produk senilai Rp2 miliar itu dilepas langsung oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Walaupun masih dalam skala kecil, Syahrul menilai hal seperti ini harus digenjot, terlebih kualitas olahan produksi kentang di Indonesia sudah diterima pasar internasional.

"Kita berharap olahan produksi kentang dengan varietas yang ada itu mampu diterima pasar dunia. Ini akan diintensifkan ke depan sesuai arahan Pak Presiden. Semua negara sedang bersoal dengan pangan, maka pertanian harus melakukan langkah excellent ke depan dan hari ini kita mulai menjajaki itu, ternyata eksportirnya juga cepat,”  ujar Syahrul Balai Penelitian Tanaman dan Sayuran (Balitsa) Kementerian Pertanian di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (3/11).

Sementara itu, Uu Ruzhanul Ulum berharap pertanian di Jawa Barat (Jabar) dijadikan skala prioritas, mengingat dengan jumlah penduduk 50 juta, maka harus menjaga ketersediaan pangan. 

Baca Juga: Perdana, Keripik Kentang Asal Jawa Barat Diekspor ke Amerika dan Cina Senilai Rp2 Miliar
Dorong Ekspor, Pemerintah Mudahkan Aturan Perdagangan ke 4 Negara Eropa

Menurut Uu, kehadiran Menteri Pertanian dapat menyemangati para petani di Jabar untuk terus berinovasi, baik dalam meningkatkan produktivitas maupun mengelola produk olahan pertanian.

“Pak Menteri datang ke sini memberikan semangat kepada kami untuk terus berpihak kepada pertanian dan Pak Gubernur sekarang telah menjadikan pertanian skala prioritas karena memang telah menjadi kebutuhan pokok dalam pembangunan di Jabar,” ucapnya.

 

Video Terkait