Bangkitkan Ekonomi Pedagang Pasar Johar, Begini Strategi Kadin Kota Semarang

Pengunjung pasar Johar. (Sariagri/Aji Dewanto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 12 November 2021 | 17:40 WIB

Sariagri - Sesuai dengan Gerakan Belanja di Pasar Johar yang digagas Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Kadin Kota Semarang turut berkontribusi meramaikan Pasar Johar pasca perpindahan dari relokasi. Aksi borong pengurus Kadin Kota Semarang dipimpin langsung Ketua Kadin Arnaz Agung Andrarasmara, Kamis (11/11/2021).

Arnaz menyebut jika datang Pasar Johar tidak hanya untuk aktivitas belanja saja tapi juga bisa berwisata melihat bangunan cagar budaya.

"Kunjungan ke Johar ini adalah upaya kita dari Kadin untuk membangkitkan kembali perekonomian, tidak hanya Pasar Johar kami juga kunjungi pasar lainnya. Ini tadi saya beli kacamata, sarung dan daster," ucap Arnaz.

Arnaz mengatakan, semua pihak diharapkan bisa turut aktif untuk meramaikan Pasar Johar, agar semua orang tahu jika Pasar Johar memang sudah buka kembali.

Nantinya Arnaz akan berdiskusi dengan pengurus Kadin dan akan membuat program untuk meramaikan kembali Johar, salah satunya dengan penjualan online yang akan dijembataninya.

Komtap Perdagangan Internasional Kadin Kota Semarang, Suswahyuni, mengatakan dengan berbelanja di Johar ternyata membangkitkan memori masa kecilnya. Ia menyebut saat ini Pasar Johar yang sudah di renovasi terasa lebih nyaman dan layak dikunjungi.

"Belanja disini membangkitkan memori kita waktu kecil. Johar sebuah supermarket zaman dahulu kala. Sekarang sudah direnovasi, kami membantu pedagang supaya ekonominya menggeliat," katanya.

Salah seorang pedagang konveksi, Nikmah mengatakan, aktivitas perdagangan di Pasar Johar sudah mulai aktif. Menurutnya, adanya instruksi wali kota agar pegawai berbelanja ke Johar membuat pasar menjadi lebih ramai. Dia berharap, ke depan perekonomian bisa semakin tumbuh.

Baca Juga: Bangkitkan Ekonomi Pedagang Pasar Johar, Begini Strategi Kadin Kota Semarang
Meski Pertumbuhan Ekonomi Belum Capai Target, Mendag: Tahun Ini RI Akan Mencetak Surplus Terbesar dalam Sejarah



"Alhamdulillah berkat Pak Wali, banyak pegawai yang datang. Kemarin, banyak sekali yang berbelanja kesini," tuturnya. 

Video Terkait