Gelaran BizFest 2021 Tingkatkan Geliat Ekonomi Sektor Lisensi dan Waralaba Nasional

Konferensi Pers persiapan BizFest 2021. (Foto: Kemendag)

Editor: M Kautsar - Kamis, 2 Desember 2021 | 10:30 WIB

Sariagri - Kementerian Perdagangan bersama asosiasi pelaku usaha lisensi dan waralaba tengah mempersiapkan festival bisnis lisensi dan waralaba “BizFest 2021” pada 7 hingga 13 Desember 2021 yang akan datang. Direktur Perdagangan Dalam Negeri, Oke Nurwan mengatakan festival bisnis lisensi dan waralaba tersebut menjadi cara untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

“BizFest 2021 dapat mendorong peningkatan nilai investasi, peluang bisnis, dan nilai transaksi dalam negeri di sektor bisnis lisensi dan waralaba sehingga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Oke, Rabu (1/12).

Selain itu, lanjut Oke, BizFest 2021 juga diharap dapat membuka lebih banyak peluang kerja karena semakin banyak pelaku usaha di bidang lisensi dan waralaba yang tercetak. BizFest sekaligus membuka jalan bagi calon pelaku usaha yang tertarik terjun ke bidang lisensi dan waralaba.

Oke menjelaskan, BizFest 2021 membuka bisnis yang bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam sektor ini, baik dalam bentuk lisensi maupun waralaba dengan format yang diminati.

“Penting bagi pemerintah untuk mendorong peluang bisnis ini, dan kami harap masyarakat yang ingin berbisnis lisensi dan waralaba dapat mengikuti BizFest 2021,” kata Oke.

BizFest 2021 diselenggarakan secara hibrida oleh Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali), dan Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) serta didukung sepenuhnya oleh Kementerian Perdagangan.

Ketua AFI Anang Sukandar menyampaikan, BizFest 2021 digagas sebagai sebuah gerakan untuk meningkatkan konsumsi domestik Indonesia dengan cara mendorong munculnya berbagai peluang usaha dan produk-produk unggulan.

“Melalui BizFest 2021, kami mencoba mendorong peluang bisnis dan produk-produk yang akan menjadi usaha unggulan. Kita harapkan peluang-peluang bisnis dapat berkembang menjadi waralaba dan produk-produk unggulan diharapkan menjadi produk-produk berlisensi,” ungkap Anang.

Sementara itu, Ketua Umum Wali Tri Raharjo mengatakan, BizFest 2021 digagas dari keprihatinan terhadap sektor waralaba dan ritel yang terpukul pandemi Covid-19.

“Ketika terjadi pandemi, banyak bisnis lisensi dan waralaba yang turun performanya dari sisi pertumbuhan bisnis maupun transaksi. BizFest 2021 dan Gerakan Nasional Ayo Berbisnis ini diharap memiliki efek berganda untuk menumbuhkan industri waralaba dan lisensi agar pulih kembali,” kata Tri.

Ketua Asensi Susanty Widjaya menambahkan, masyarakat Indonesia harus tetap optimis dan semangat mencari peluang usaha baru di tengah pandemi Covid-19. Bisnis lisensi dan waralaba memiliki peluang besar bagi masyarakat yang berminat terjun menggelutinya saat ini.

“Dalam mencari peluang usaha baru, bisnis waralaba sudah mumpuni, sukses, dan terbukti. Konsep lisensi saat ini juga sedang hype (digandrungi), dan jenisnya macam-macam mulai dari bisnis pendidikan, kecantikan, hingga makanan dan minuman,” tambah Susanty.

Untuk diketahui, Laporan Tahunan Kemendag 2020 dan sensus Badan Pusat Statistik 2016 menunjukkan, sektor waralaba tercatat tumbuh stabil sebesar lima persen per tahun. Sektor waralaba juga menghasilkan omset hingga Rp54,4 miliar dan menyerap hingga 628 ribu lebih tenaga kerja.

Terdapat setidaknya 93 ribu gerai yang beroperasi dengan format waralaba. Kemudian sampai Oktober 2021, bisnis waralaba didominasi oleh sektor usaha berbentuk jasa makanan dan minuman hingga 58,37 persen dari keseluruhan bentuk sektor usaha. Disusul oleh sektor usaha waralaba ritel sebesar 15,31 persen dan jasa pendidikan nonformal sebesar 13,40 persen.

Dalam penyelenggaraannya, BizFest 2021 terdiri atas tiga sub kegiatan. Pertama, Festival Peluang Bisnis yang merupakan pameran kemitraan, waralaba, dan lisensi pada 11–12 Desember 2021 di Marchand Hype Station Bintaro.

Baca Juga: Gelaran BizFest 2021 Tingkatkan Geliat Ekonomi Sektor Lisensi dan Waralaba Nasional
Dari TEI-DE 2021, Berbagai Produk Pertanian Indonesia Siap Banjiri Pasar Cina

Kedua, Festival Belanja berupa pemberian potongan harga, baik harga produk maupun harga kemitraan, oleh para pelaku usaha waralaba dan lisensi anggota AFI, Wali, dan Asensi selama periode 7–12 Desember 2021.

Ketiga, BizFest Award atau penyerahan penghargaan kepada tiga pelaku usaha waralaba/potensial waralaba terpilih. Terdapat lima kategori penghargaan, yaitu The Best Customer Service, The Best Marketing Campaign, The Best Team Work, The Best Business Campaign, dan The Best Sales.

Video Terkait