Provinsi Ini Tempati Posisi Dua Ekspor Nonmigas Tertinggi di Indonesia

Pisang salah satu komoditas ekspor.(Ilustrasi/Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 7 Januari 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Kalimantan Timur (Kaltim) menempati posisi kedua sebagai provinsi dengan kontribusi ekspor nonmigas tertinggi di Indonesia berdasarkan data Kementerian Perdagangan (Kemendag) periode Januari – Oktober 2021. Produk ekspor Kaltim di antaranya perikanan, pisang, kayu, minyak jelantah, lidi nipah, dan batu bara.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kaltim Yadi Robyan Noor mengungkapkan ekspor nonmigas Kaltim periode Januari - Oktober 2021 mencapai 17,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp256 triliun.

Kabar baik itu diharapkan akan menambah semangat para pelaku usaha untuk terus meningkatkan ekspor dan naik kelas ke level lebih tinggi dengan jaringan lebih luas. Hal itu sekaligus menjadi prestasi bagi Pemprov Kaltim, khususnya di masa kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi karena tahun lalu ekspor daerah itu masih di kisaran 9,48 miliar dolar.

"Tahun ini kenaikan ekspor kita mencapai 89,14 persen tertinggi secara nasional. Riau naik 43,31 persen, Jawa Barat 28,44 persen dan Jawa Timur hanya 2,85 persen," kata Roby, di Samarinda, Kamis (7/1/2022).

Kontribusi Kaltim untuk total ekspor nasional sebesar 10,2 persen di bawah Jawa Barat dengan sumbangan ekspor 27,4 miliar dolar atau 15,6 persen terhadap ekspor nonmigas Indonesia.

Baca Juga: Provinsi Ini Tempati Posisi Dua Ekspor Nonmigas Tertinggi di Indonesia
Ini Lima Negara Paling Tajir dan Termakmur di Dunia

Jawa Timur di posisi ketiga dengan 17,4 miliar dolar atau 9,9 persen disusul Riau di urutan keempat dengan kontribusi ekspor nonmigas 14,9 miliar dolar atau 8,5 persen terhadap ekspor nonmigas nasional.

Sementara itu pada Desember tahun lalu, ekspor Kaltim tertinggi kedua secara nasional pada pelepasan ekspor yang dipimpin langsung Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Total ekspor yang dilakukan secara virtual dari areal PT Sumalindo Lestari Jaya (SLJ) itu Rp13,5 triliun. Ekspor nonmigas Kaltim secara keseluruhan pada tahun 2021 mencapai Rp270 triliun.

Video terkait: