Pertama Kali, AS Bakal Ekspor Daging Babi ke India

Ilustrasi babi. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 12 Januari 2022 | 18:40 WIB

Sariagri - Amerika Serikat secara perdana akan ekspor daging babi ke India setelah negara itu mengijinkan masuknya produk daging babi asal AS. Dibukanya keran impor daging asal AS itu muncul lewat negosiasi panjang melalui Forum Kebijakan Perdagangan AS-India pada November silam.

“Perjanjian India untuk mengizinkan impor daging babi AS untuk pertama kalinya adalah berita bagus dan perkembangan signifikan bagi produsen AS dan konsumen India,” kata Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dalam sebuah pernyataan.

Perjanjian perdagangan kedua negera ini disambut baik Dewan Produsen Babi Nasional (NPCC). “Setelah beberapa dekade bekerja, pasar yang tertutup untuk daging babi AS dibuka,” kata Presiden NPPC Jen Sorenson.

“Kami menantikan akses baru yang memungkinkan kami menyediakan produk daging babi AS yang terjangkau, sehat, dan bergizi bagi konsumen di India," tambahnya, seperti dilaporkan Modern Farmer.

Federasi Ekspor Daging AS (USMEF) juga memuji kesepakatan itu: “Meskipun volume daging babi impor yang saat ini masuk ke India cukup kecil, USMEF melihat potensi jangka panjang di sektor ritel, pemrosesan dan layanan makanan, serta peluang yang muncul di e-commerce," ujar mereka.

Larangan masuknya daging asal AS ke India dimulai pada 2019, setelah AS menghapus India dari partisipasi dalam Sistem Preferensi Umum, sebuah program yang memberi negara asing akses ke pasar AS tanpa tarif. AS juga ingin India menerima sertifikasi standar pemeriksaan makanan untuk daging AS, tetapi negara itu menolak pemeriksaan tambahan.

Baca Juga: Pertama Kali, AS Bakal Ekspor Daging Babi ke India
Waspada! Penyebaran Virus Nipah ke Indonesia dari Ternak Babi di Malaysia

Dalam perjanjian perdagangan bilateral itu, AS juga akan mengirim alfalfa dan ceri ke negara itu, sambil membuka impor mangga dan delima dari India. Pada forum November, kedua negara menyetujui perdagangan, menurut Menteri Pertanian AS Tom Vilsack akan dimulai sesegera mungkin.

Pada tahun 2021, AS adalah produsen daging babi terbesar ketiga di dunia, dengan lebih dari 12 juta metrik ton daging babi berasal dari produsen AS.

Video Terkait