Indonesia Dukung Penuh Usulan Priority Economic Deliverables Kamboja

Ilustrasi Ekspor (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 12 Januari 2022 | 19:05 WIB

Sariagri - Indonesia mendukung keketuaan Kamboja di 2022 dan menantikan kerja sama yang lebih dengan seluruh negara anggota ASEAN dalam menyelesaikan berbagai masalah ekonomi, perdagangan dan investasi serta penanganan dampak pandemi COVID-19.

"Indonesia mendukung penuh usulan Priority Economic Deliverables (PED) Kamboja," kata Direktur Perundingan ASEAN, Kementerian Perdagangan, Dina Kurniasari dalam Senior Economic Officials Meeting (SEOM) Retreat.

Dina mengatakan, Indonesia mendorong seluruh negara anggota ASEAN dapat mempertimbangkan untuk memiliki standar keberlanjutan berdasarkan indikator dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) untuk meningkatkan daya saing produk asal ASEAN dan mendorong agar dapat dilakukan kajian terkait pentingnya memiliki standar keberlanjutan di ASEAN.

Khusus penanganan bersama dampak pandemi COVID-19, lanjut Dina, secara khusus negara anggota ASEAN membahas kemungkinan penambahan daftar untuk produk esensial dalam Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) Essential Goods.

Dina menjelaskan tujuan MoU untuk membantu penanganan COVID-19 di ASEAN dengan memastikan tidak ada hambatan saat terjadi perdagangan barang. MoU akan berakhir pada 13 November 2022 dan terdiri dari 107 daftar produk esensial (terdiri dari obat medis, produk alat kesehatan, dan beberapa jenis makanan).Baca Juga: Indonesia Dukung Penuh Usulan Priority Economic Deliverables Kamboja
Wamendag: Ratifikasi Persetujuan Dagang Tingkatkan Surplus Neraca Perdagangan



“Kami menekankan pentingnya negara ASEAN menyepakati definisi dari ‘produk esensial’ serta melakukan review terhadap efek langsung di sektor perdagangan, implementasi dan utilisasi dari pelaksanaan fase pertama dan kedua sebelum memperluas ruang lingkup dan memperpanjang implementasi dari MoU ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kamboja mengusulkan 17 Priority Economic Deliverables (PED) pada periode keketuaannya yang terbagi dalam empat Strategic Thrust, yaitu Enhancing Digital Connectivity, Science, and Technology; Narrowing the Development Gap for ASEAN’s Competitiveness; Promoting a More Integrated, Inclusive, Resilient and Competitive ASEAN; dan terakhir Global ASEAN for Growth and Development. 

Video:

Video Terkait