Pemberlakuan Satu Harga, Minimarket Kehabisan Minyak Goreng Kemasan dalam Setengah hari

Minyak goreng dengan harga Rp14.000 di salah satu ritel di kawasan Jakarta Barat. (Antara/Walda)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 21 Januari 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Sejak pemerintah menetapkan harga minyak goreng kemasan Rp14.000 per liter, beberapa gerai minimarket di wilayah Jakarta Barat kehabisan hanya dalam setengah hari. 

"Sudah dua hari ini minyak goreng selalu habis. Sekali sif dari pagi sampai siang bisa habis 10 dus," kata salah satu pegawai gerai Minimarket Alfamart kawasan Pal Merah, yang enggan disebutkan identitasnya, di Jakarta Barat, Jumat (21/1/2022).

Menurut dia, warga sudah diberi jatah hanya boleh membeli dua liter minyak per orang agar minyak goreng itu bisa dibeli secara merata. Namun, warga justru mengajak satu keluarganya untuk membeli minyak goreng.

"Kadang satu keluarga pada datang jadi satu satu dapat. Jadi, orang belinya langsung banyak," ujarnya.

Beberapa gerai Alfamart lain di wilayah Jakarta Barat juga mengalami hal yang sama.

"Jadi setiap menaruh stok langsung habis. Mungkin warga mikirnya ini promo dari Alfamart, sebenarnya ini dari pemerintah," jelas karyawan Alfamart lain yang enggan disebutkan namanya.

Regional Coorporate Communication manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Budi Santoso membenarkan jika pihaknya menjual harga minyak goreng kemasan sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Ini memang sudah kita berlakukan dari kemarin (20/1). Ini secara nasional, bukan hanya Jakarta Barat saja dalam arti kata ini mengikuti aturan dan kebijakan pemerintah jadi kita mendukung kebijakan pemerintah tersebut," kata Budi.

Baca Juga: Pemberlakuan Satu Harga, Minimarket Kehabisan Minyak Goreng Kemasan dalam Setengah hari
Harga Sawit Riau Alami Penurunan, Imbas Kebijakan Malaysia

Meski stok kerap habis dalam satu hari, Budi memastikan minyak dengan harga pemerintah itu masih tersedia untuk beberapa waktu ke depan.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan harga minyak goreng Rp14 ribu per liter berlaku di seluruh Indonesia mulai 19 Januari 2022 pukul 00.00 WIB. Namun khusus untuk pasar tradisional diberikan waktu penyesuaian selambat-lambatnya satu minggu dari tanggal pemberlakuan. (Ant)

Video:

Video Terkait