Produk Fesyen, Kerajinan hingga Minuman UMKM Asal Tangerang Unjuk Gigi di Expo Dubai

Paviliun Indonesia Dubai Expo. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 21 Januari 2022 | 19:35 WIB

Sariagri - Kabupaten Tangerang turut meramaikan rolling exhibition Paviliun Indonesia pada minggu ke-16 Expo 2020 Dubai. Beragam produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta industri kecil menengah (IKM) "Go Export" yang ditampilkan antara lain fesyen, furniture, kerajinan tangan dan minuman.

"Gelaran Expo 2020 Dubai menjadi momentum yang tepat untuk menggencarkan ekspor produk UMKM dan IKM ke kancah internasional. Melalui pameran di Paviliun Indonesia, kami akan terus memamerkan produk lokal yang mungkin tidak bisa ditemukan di negara lain. Hal inilah yang menjadi peluang untuk memperluas ekspor internasional, khususnya di Timur Tengah," kata  Didi Sumedi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional sekaligus Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia.

Didi menjelaskan, sebagai kota terbesar di Provinsi Banten, Tangerang merupakan pusat manufaktur industri dengan lebih dari 1.000 pabrik bermesin canggih dan memiliki tenaga kerja yang berkualitas. Hingga saat ini, kata Didi, Kabupaten Tangerang juga telah memiliki lebih dari 400 UMKM dan IKM yang menghasilkan produk fesyen, furniture, kerajinan tangan, makanan dan minuman, serta jasa dan wisata.

Lebih lanjut, Didi menyebutkan produk UMKM dan IKM “Go Export” yang dipamerkan yaitu sepatu dan tas kulit dari reptil, furnitur dari batu fosil, dan keranjang rotan yang telah merambah pasar Asia dan Eropa. Selain itu, juga memamerkan minuman serbuk cokelat yang sepenuhnya diproduksi menggunakan bahan baku lokal.

"Produk-produk yang kami pamerkan tentu merupakan produk berkualitas tinggi. Kami berharap, melalui gelaran Expo 2020 Dubai, produk yang dipamerkan bisa mendunia. Selain itu, juga memotivasi pengusaha UMKM lainnya untuk semakin berdaya dan meningkatkan kualitas produk guna merambah pasar global," jelas Didi.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat menambahkan, keikutsertaan Kabupaten Tangerang dalam gelaran Expo 2020 Dubai bertujuan memfasilitasi UMKM dan IKM untuk meningkatkan daya saing dan memperluas akses pasar.Baca Juga: Produk Fesyen, Kerajinan hingga Minuman UMKM Asal Tangerang Unjuk Gigi di Expo Dubai
Keren! Produk UMKM Bekasi Tembus Pasar Modern Singapura



Selain itu, Iskandar menyebutkan bahwa pemerintah Kabupaten Tangerang juga memberikan perhatian khusus pada kualitas produk yang dihasilkan.

“Melalui kegiatan forum bisnis yang diselenggarakan, kami berharap produk-produk kami nantinya dapat turut meningkatkan devisa perekonomian negara, khususnya di tengah kondisi pandemi Covid-19. Expo 2020 Dubai bagi kami bukan hanya untuk promosi produk saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan budaya dengan mengusung nilai-nilai lokal,” imbuh Iskandar.

Video Terkait