Demi Pulihkan Ekonomi, Bekas Bioskop Disulap Jadi Pusat Pemasaran Produk UMKM

Produk UMKM Pemkab Cianjur. (Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 21 Januari 2022 | 20:50 WIB

Sariagri - Pemkab Cianjur, Jawa Barat, berencana memanfaatkan gedung bekas bioskop di tengah kota Cianjur, sebagai pusat pemasaran dan promosi produk unggulan UMKM, salah satunya eks Bioskop Sinar yang terletak berhadapan dengan Stasiun Kereta Api Cianjur, sebagai upaya pemulihan ekonomi.

Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan telah bertemu dengan pemilik bangunan bioskop yang memiliki sejarah itu, mendukung rencana pemerintah daerah untuk menjadikan eks bioskop yang pernah dikunjungi berbagai kalangan pada zamannya sebagai tempat promosi dan pemasaran produk UMKM.

"Bekas bioskop tersebut, memiliki nilai sejarah untuk warga Cianjur, termasuk saya karena dulu sering nonton di bioskop Sinar, sehingga pemerintah daerah akan menjadikan tempat ini, kembali mengukir sejarah, sebagai tempat promosi UMKM," katanya.

Ia menjelaskan, sejumlah tempat bersejarah yang memiliki kenangan atau sejarah dan masih berdiri di Cianjur itu, akan mendapatkan perbaikan dan pengembangan, sehingga menarik untuk didatangi wisatawan lokal, luar daerah hingga mancanegara.

Keberadaan tempat bersejarah di Cianjur, tutur dia, memiliki nilai jual yang masih tinggi, sehingga saat dibangun kembali dan dijadikan lokasi pengembangan berbagai kegiatan serta program pemerintah, diharapkan dapat membangkitkan kembali perekonomian Cianjur.

"Kami sudah mendatangi sejumlah tempat yang memiliki nilai sejarah di pusat kota Cianjur, kami akan mencoba menjalin kerjasama dengan pemilik agar menjadi nilai tersendiri untuk pengembangan berbagai kegiatan dan program yang ada," tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindagin) Cianjur, Tohari Sastra, mengatakan Pemkab Cianjur, sudah berencana memanfaatkan tempat dan bangunan yang memiliki nilai sejarah seperti bekas Bioskop Sinar untuk memasarkan serta promosi produk UMKM.

Baca Juga: Demi Pulihkan Ekonomi, Bekas Bioskop Disulap Jadi Pusat Pemasaran Produk UMKM
Pendemi Melanda, UMKM Ini Berhasil Cetak Omzet Rp500 Juta per Bulan

Sebelum diterapkan, pihaknya akan melakukan studi banding ke sejumlah daerah yang sudah melakukan hal yang sama, sehingga pemanfaatan tempat dan bangunan yang memiliki nilai sejarah tidak menyalahi aturan, termasuk tata kelola ke depan.

"Pastinya Pemkab Cianjur ingin mengembangkan UMKM agar lebih bangkit dengan menyiapkan tempat untuk pemasaran produk karena selama ini, permasalahan pelaku UMKM selain permodalan termasuk pemasaran, sehingga pemerintah akan memfasilitasi dengan cara memanfaatkan tempat dan bangunan yang ada," katanya.

Video Terkait