Perkiraan Harga Kambing di Indonesia, Berdasarkan Jenis-jenisnya

Ilustrasi - Hewan kurban kambing. (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 28 Februari 2022 | 16:20 WIB

Sariagri - Harga kambing di Indonesia, sangat berbeda-beda untuk setiap jenisnya. Berdasarkan dari data pada tahun 2020, tercatat bahwa harga kambing di pasaran, berada pada kisaran 2 juta sampai 5 juta.

Faktor yang menentukan harga kambing

Selain faktor jenisnya, perbedaan harga juga ditentukan dari bobot tubuh dari kambing itu sendiri. Kambing dengan bobot besar akan membuat harganya menjadi lebih mahal, dibandingkan kambing yang berbobot kecil.

Biasanya dalam penjualan kambing dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan berat badannya, yaitu:

1. Kambing standar untuk 23-28 kg, dengan kisaran harga 2 juta rupiah.
2. Kambing medium untuk bobot sekitar 29-34 kg, dengan harga sekitar 2,1 juta rupiah.
3. Kambing super dengan berat 31-35 kg, harganya mencapai 2,5 juta rupiah.
4. Kambing istimewa yang memiliki berat 36-40 kg, dengan harga mencapai 3 juta Rupiah.
5. Kambing super istimewa dengan kisaran berat 40-60 kg, memiliki harga sekitar 3,5 juta sampai 5 juta rupiah

Faktor lainnya yang menentukan harga kambing bisa berubah-ubah juga ditentukan dengan beberapa moment yang ada. Kualitas daging yang enak dan khas, juga dimiliki oleh kambing, sehingga tidak heran jika harga jualnya terlampau dinamis.

Permintaan daging kambing cenderung meningkat

Kambing adalah salah satu hewan ternak yang menjadi komoditas peternakan, dengan jumlah permintaan yang relatif stabil bahkan cenderung semakin tinggi. Hal ini dikarenakan daging kambing dianggap, memiliki rasa yang lebih mewah, sehingga harga jualnya lebih mahal.

Menurut Badan Pusat Statistik atau BPS, jumlah produksi kambing pada tahun 2019 mencapai 72 ribu ton. Jumlah tersebut ternyata masih kurang untuk memenuhi permintaan daging kambing di Indonesia. Ini berarti kambing bisa menjadi peluang bagi kamu yang ingin menjual daging kambing.

Jenis-jenis kambing yang diperjualbelikan

Terdapat banyak jenis kambing yang memiliki potensi bagus untuk dijadikan sebagai peluang bisnis. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan harga jualnya. Biasanya beberapa jenis kambing yang diperjualbelikan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kambing Etawa

Kambing etawa atau nama lainnya kambing jamnapri, adalah kambing yang berasal dari India. Kambing ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia dan menjadi salah satu kambing yang gagah dibandingkan kambing lainnya.

Postur tubuhnya bisa mencapai tinggi sekitar 127 cm, dengan berat bisa mencapai 91 kg. Ciri-ciri lainnya bisa dilihat dari telinganya yang lebih lebar dan panjang. Di atas kepala kambing etawa, terdapat dua tanduk kecil yang tepat di dahi.

Selain itu, kambing ini juga memiliki tulang hidung yang sedikit lebih maju dibandingkan jenis kambing lainnya. Harga kambing etawa ini memiliki harga mulai dari 2-3 juta rupiah.

2. Kambing Kacang

Kambing kedua yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia adalah kambing kacang. Kambing ini memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat untuk melawan penyakit dibandingkan jenis kambing lainnya. Perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Namun ada kelemahan yang dimiliki kambing kacang, yaitu bobotnya tidak terlalu besar, yaitu hanya mampu mencapai bobot sekitar 30 kg untuk kambing jantan dewasa, sedangkan betina hanya mencapai 25 kg saja.

Kambing kacang bisa ditandai dari tanduknya yang kecil dan pendek. Telinga kambing ini juga kecil dan berdiri tegak. Seperti kambing pada umumnya, kambing kacang juga memiliki janggut dengan ukuran yang panjang. Kambing ini dibanderol sekitar 2-2,5 juta rupiah.

3. Kambing Peranakan Etawa

Kambing yang banyak dibudidaya selanjutnya ada kambing PE atau peranakan etawa. Kambing ini merupakan kambing hasil perkawinan silang dari kambing etawa dan kambing kacang. Ia mewarisi daya tahan tubuh yang kuat dari kambing kacang, dengan bobot yang besar seperti kambing etawa, yaitu 91 kg.

Ciri fisik yang bisa dilihat adalah memiliki telinga kambing yang sangat panjang, seperti kambing etawa. Namun tanduknya kecil layaknya tanduk kambing kacang. Untuk kambing PE, biasanya harganya ditaksir mulai 1,5 sampai 3,5 juta rupiah.

4. Kambing Jawarandu

Kambing PE ini kembali dikawin silangkan dengan kambing kacang hingga menghasilkan kambing bernama jawarandu. Kambing ini memiliki bobot yang berkurang jauh, yaitu hanya sekitar 40 kg saja. Namun, kambing ini memang memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Ciri fisiknya didominan dari kambing PE, yaitu dengan telinga panjang yang jatuh. Selain itu, tanduk kambing ini juga kecil, dan tumbuh pada kambing jantan dan betina. Harga kambing jawarandu umumnya dijual dengan harga dari 1,2 sampai 3,2 juta rupiah.

5. Kambing Boer

Kambing ini awal mulanya berasal dari Afrika Selatan. Namun kini di Indonesia budidayanya bisa dikatakan cukup banyak. Jenis kambing yang satu ini merupakan kambing paling unggul, yang mampu mengalahkan kambing etawa. Dibandingkan jenis yang lain, kambing ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.

Baca Juga: Perkiraan Harga Kambing di Indonesia, Berdasarkan Jenis-jenisnya
Cara Mudah Usaha Ternak Kambing Boer bagi Pemula

Saat berumur 3 bulan saja, berat kambing ini bisa mencapai 45 kg, sehingga tidak heran jika kambing boer dewasa bisa mencapai berat sekitar 150 kg. Kambing ini bisa dicirikan dari tubuhnya yang besar, panjang, dan juga lebar. Namun, kaki terbilang sangat pendek.

Hampir seluruh tubuhnya berwarna putih. Hanya bagian kepala yang berwarna cokelat. Harganya relatif sangat tinggi. Untuk cempe boer saja dijual dengan harga 1 juta, sementara harga kambing boer dewasa ditaksir mencapai 10 juta.

Video Terkait