Viral Barang Asli Indonesia Dijual Mahal di Jerman, Peluang Ekspor?

5 Fakta Soal Kangkung

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 28 Maret 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Sebuah video viral soal harga dari barang-barang asli Indonesia yang dijual fantastis di Jerman. Adapun barang itu, yakni kecap manis, daun pisang, kangkung, dan mi instan.

Sebuah video TikTok @irwanprasetyo pada 17 Maret 2022, mengungkapkan betapa kagetnya dengan harga barang asli Indonesia yang ditemui di Jerman.

"Hari ini aku mengunjungi tokok Asia di Jerman, di mana kita bisa beli barang-barang ya dari Asia," ujarnya dalam video.

Kemudian, dia menunjukan dua kecap asli Indonesia yang ternyata harganya cukup mahal di sana. "Di Jerman ada kecap manis gaes, harganya 4 Euro atau Rp64 ribu," ucapnya.

@irwanprasetiyo Reply to @cumansebatasbadut buat yg sering nanyain kameramennya siapa #fypシ゚viral #masak #nasigoreng #jerman #luarnegeri #samasamabelajar ♬ She Share Story (for Vlog) - 山口夕依

Kemudian, yang paling membuat terkejut adalah harga daun pisang di Jerman yang dijual Rp40 ribu per lembar. "Daun pisang gaes, 1 lembar gini harganya Rp40 ribu, kayaknya gara-gara si Paris Fernandes ini," tambahnya.

Ada juga mi instan asli Indonesia yang dijual dengan harga Rp8.000 di Jerman. "Orang sini juga suka banget sama Indomie, dan harganya gak terlalu mahal ya, cuma Rp8.000 aja," tuturnya.

Baca Juga: Viral Barang Asli Indonesia Dijual Mahal di Jerman, Peluang Ekspor?
Wah! Barang Asli Indonesia Ini Ternyata Mahal Banget di Jerman

Terakhir, ia mengungkapkan harga kangkung di Jerman yang membuat terkejut. Di mana harga kangkung satu bungkusnya dijual Ro64 ribu di sana.

"Kangkung sebungkus gini harganya Rp64 ribu, gila gak?" ungkapnya.

Bahkan, Irwan membandingkan dengan harga kangkung di Indonesia yang jauh lebih murah. "Kalau di Indo udah dapet sekebon kali ya," tambahnya.

Menurutnya, harga barang-barang Indonesia yang mahal di luar negeri itu bisa dijadikan peluang ekspor.

"Jadi gimana udah siap ekspor belum?" paparnya.

"Ayo dieskpor daun pisang dan kangkungnya, dari pada dijual murah ke bakul pecel," tukasnya.

Video Terkait