Apes! 2 Pedagang Buah Tertipu dengan Bule, Modusnya Tukar Uang

Pedagang buah di Pasuruan. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 4 April 2022 | 22:30 WIB

Beredar sebuah video amatir, tiga Warga Negara Asing (WNA) terlibat keributan dengan dua pedagang buah di pasar besar Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Menurut salah seorang pedagang buah, Fatimah, keributan bermula saat ketiga WNA terdiri dari 2 bule pria dan 1 wanita hendak berbelanja buah di stan miliknya dan stan milik Salamah, pedagang buah lainnya yang ada di pasar besar Kota Pasuruan.

Namun saat membeli buah, salah seorang bule pria bermaksud menukar dua lembar uang pecahan Rp50.000 dengan selembar yang kertas Rp100.000.

Ketika disodori uang yang dimaksud, bule itu justru menolak dengan alasan uang lusuh dan ingin memilih uang kertas baru milik Fatimah dari dalam laci dan dompet.

“Bule yang perempuan ada di depan stan, bule pria yang agak kurus di tengah sibuk memilih buah. Sedangkan bule yang gendut di belakang saya sambil tangannya mengambil semua uang dari laci untuk dipilih yang kualitasnya bagus,” ujar pedagang buah, Fatimah kepada Sariagri, Senin (4/4/2022).  

Dari situlah mulai terjadi keributan, sebab akibat ulah bule itu, Fatimah mengaku kehilangan uang sebesar Rp1.200.000.

“Jelas diambil dia dan itu semua terekam CCTV persis yang ada di atas kepala saya,” ungkapnya seraya menunjuk kamera pengintai di atas stan miliknya.

Setelah puas mengecoh di stan dagangan buah Fatimah, ketiga WNA ini kembali berulah di stan buah milik Salamah.

Modus tipu muslihat yang dipraktekan ketiga bule hampir mirip. Hanya saja di tempat ini 3 WNA mencoba belanja buah anggur dan alpukat.

“Bule yang cowok minta anggur sekilo harga Rp50.000 dan bule cewek minta alpukat seharga Rp20.000, totalnya Rp70.000 dibayar sama bule yang satunya. Minta kembalian uang kertas yang bagus-bagus. Tapi maunya milih sendiri hingga saya gak sengaja kehilangan uang Rp250.000,” beber pedagang buah, Salamah.

Ia mengaku awalnya tidak sadar jika uangn miliknya justru dibawa bule itu sebesar Rp250.000. namun setelah diingatkan oleh temannya pedagang yang lain, ia baru menyadari kejadian tersebut.  

“Langsung ketiga bule itu, saya kejar dan terjadi keributan di depan pasar bersama mbak Fatimah yang sebelumnya juga ditipu hal sama,” imbuhnya.

Baca Juga: Apes! 2 Pedagang Buah Tertipu dengan Bule, Modusnya Tukar Uang
Heboh! ODGJ Ini Buat Resah Para Pedagang Pasar Wonomulyo

Keributan tidak berlangsung lama, karena kedua pihak dilerai oleh warga yang melintas. Memanfaatkan situasi, ketiga bule langsung kabur dengan menaiki kendaraan yang sudah menunggu di depan pasar.

“Total kerugian dari 2 stan pedagang sekitar Rp1.450.000 yang berhasil dibawa kabur ketiga bule. Ya kami pasrah aja, karena dilaporkan ke polisi juga tidak akan berhasil ditangkap. Sebab identitas dari mana asal bule-bule itu, kami juga tidak tahu,” tandas Salamah. 

Sariagri -  

Video Terkait