Jampidsus: Ada Manipulasi Syarat Pemberian Izin Ekspor Minyak Goreng

Ilustrasi Pekerja Pengemasan Minyak Goreng. (Sariagri/Antara)

Editor: Reza P - Sabtu, 23 April 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus), Kejaksaan Agung RI, Febrie Adriansyah mengatakan bahwa terdapat manipulasi terkait pemberian izin persetujuan ekspor minyak goreng tahun 2021-2022.

Dia menjelaskan, pemerintah telah menerbitkan kebijakan menerbitkan Keputusan Menteri Perdagangan (Kepmendag) Nomor 129 Tahun 2022 yang mensyaratkan kewajiban domestic market obligation (DMO) sebesar 20 persen bagi perusahaan yang ingin melakukan kegiatan ekspor. Selanjutnya, persentase itu ditingkatkan menjadi 30 persen melalui Kepmendag Nomor 170 Tahun 2022.

"Ketika izin ekspor pada kenyataan DMO tidak terpenuhi, dapat dipastikan semua syarat yang diajukan memang ada tindakan manipulasi," ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (22/4).

Sebelumnya, Kejagung telah menetapkan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Indrasari Wisnu Wardhana sebagai tersangka kasus izin pemberian ekspor tersebut. Menurutnya, tersangka tidak melakukan pengecekan syarat apa saja yang harus dipenuhi eksportir untuk mendapatkan persetujuan ekspor.

"Mengenai siapakah nanti dalam proses ini yang mengetahui yang kesengajaan berikan izin ekspor kebutuhan domestik tidak terpenuhi akan diproses seperti kata Jaksa Agung," jelasnya.

Baca Juga: Jampidsus: Ada Manipulasi Syarat Pemberian Izin Ekspor Minyak Goreng
Jokowi Umumkan Larangan Ekspor Migor, Harga di Pasar Dunia Melambung

Untuk diketahui, selain Dirjen Perdagangan Luar Negeri, Kejagung juga menetapkan tiga tersangka lainnya dalam kasus pemberian persetujuan izin ekspor minyak goreng tahun 2021-2022.

Ketiga tersangka tersebut di antaranya Stanley MA (SMA) merupakan Senior Manager Corporate Affairs Permata Hijau Group, Master Parulian Tumanggor (MPT) atau Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia, dan Picare Togar Sitanggang (PTS) selaku General Manager bagian General Affairs PT Musim Mas.

Video Terkait