Jumlah Wirausahawan Indonesia Masih Kalah dari 3 Negara ASEAN

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Kemenkop UKM)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 17 Mei 2022 | 18:00 WIB

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM), Teten Masduki mengungkapkan jumlah wirausaha Indonesia, kata Teten, masih sangat terbatas, hanya 3,18 persen. Angka itu jauh tertinggal dari negara ASEAN yaitu Singapura 8,76 persen, Thailand 4,26 persen dan Malaysia 4,74 persen. 

Sementara negara-negara maju sudah mencapai 10-12 persen. Indonesia menargetkan jumlah wirausaha di tahun 2024 sebesar 3,95 persen.

Sariagri - 

Beberapa waktu lalu Teten mengungkapkan rencana untuk menambah dan melahirkan 1 juta wirausahawan baru dari kalangan usaha mikro dan kecil.

Agar tidak salah pengertian, Kemenkop UKM akan segera mengundang para aktivis dan pegiat Non-governmental organization (NGO) untuk berdialog. Dengan pertemuan nanti diharapkan tidak ada salah pengertian terkait tujuan pemerintah.

“Kita tidak boleh membiarkan usaha mikro atau ultra mikro terus membesar dari sisi jumlah, namun mengalami stagnasi dalam pertumbuhan usahanya. Memberdayakan usaha mikro menjadi wirausaha mapan sangat penting menjadi bagian dari kerja aktivis perubahan sosial, guna memperkuat ekonomi rayat agar struktur ekonomi nasional lebih berkeadilan,” ujar Teten.  

Dia berharap dialog bisa mengklarifikasi tujuan besar pengembangan wirausaha nasional menjadi bagian dari aktivisme sosial.

Baca Juga: Jumlah Wirausahawan Indonesia Masih Kalah dari 3 Negara ASEAN
Ringankan Beban Warga, Cina Bebaskan Sewa Tempat Usaha Selama 6 Bulan

"Dan tidak dipersepsi sebagai anti demokrasi,” pungkas Teten.

Sebelumnya, Kemenkop UKM bersama Kementerian/Lembaga (K/L) yang tergabung dalam Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional, menggelar rapat koordinasi pertama terkait Perpres kewirausahaan yang melibatkan sejumlah K/L Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional di Kantor KemenKopUKM di Jakarta pada 12 Mei 2022.

Pada kesempatan itu, Komite Pengembangan Kewirausahaan Nasional menargetkan bisa menambah 1 juta wirausaha baru hingga 2024. Hal ini sebagaimana amanat Perpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024, yang juga merupakan pesan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan ekosistem kewirausahaan di Tanah Air. 

 

Video Terkait