Cina Buka Gerbang Ekspor Baru untuk Durian Thailand

Ilustrasi - Durian menjadi salah satu komoditas ekspor. (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 18 Mei 2022 | 19:00 WIB

Penerbangan perdana Tianjin Air Cargo yang membawa durian Thailand dan mendarat di Bandara Nanning di Guangxi Cina pada minggu lalu, menjadi pembuka rute pengiriman baru untuk ekspor buah nomor satu asal Thailand tersebut.

Penasihat Kementerian Pertanian Thailand, Alongkorn Ponlaboot, menyebut pembukaan ‘gerbang udara’ baru itu merupakan kabar baik bagi petani durian di negaranya.

Operasi penerbangan kargo baru akan membantu meningkatkan angkutan udara antara Guangxi dan Thailand, terutama durian yang populer di Cina, katanya, seperti dikutip Nation Thailand.

Tianjin Air Cargo beroperasi di wilayah Beijing, Tianjin dan Hebei di Cina, yang  telah diperluas untuk mencakup rute antara Nanning dan Bangkok.

Cina membuka Bandara Nanning sebagai pintu gerbang ekspor buah Thailand pada 1 April, setelah negosiasi perdagangan antara Bangkok dan Beijing.

Thailand juga telah meningkatkan pengiriman buah melalui laut hingga 55 persen dalam upaya mengurangi kemacetan di pos pemeriksaan darat selama panen durian.

Sisanya sebanyak 40 persen buah Thailand akan diekspor melalui darat dan 5 persen melalui udara.

Tahun lalu, Thailand mengekspor 52 persen buah melalui laut, 48 persen melalui darat, dan kurang dari 1 persen melalui udara,” terang Alongkorn.

Gerbang baru di Bandara Nanning akan meningkatkan ekspor melalui udara. Bandara itu juga memiliki fasilitas pemeriksaan kualitas untuk makanan akuatik hidup dan beku, yang selanjutnya akan meningkatkan perdagangan antara Asean dan Cina.

Pada hari Jumat (13/5), terlihat upacara menyambut pengiriman durian pertama di Bandara Nanning, yang bertujuan untuk mempromosikan peluang baru bagi importir Cina.

Baca Juga: Cina Buka Gerbang Ekspor Baru untuk Durian Thailand
Vietnam Promosikan Buah Duriannya di Australia

Sebelumnya, harian Pattaya Mail melaporkan bahwa buah durian Thailand semakin populer di kalangan konsumen Cina dalam beberapa tahun terakhir ini.

Saat ini, ekspor buah itu telah meningkat empat kali lipat dibandingkan tahun 2017.

Cina sendiri memiliki potensi pasar buah durian yang tinggi. Dalam 11 bulan pertama tahun 2021, Cina mengimpor 809.000 ton durian.

Video Terkait