Ekspor Dibuka, Pengusaha Sawit Sambut Baik Keputusan Presiden

Warga membeli minyak goreng curah saat operasi pasar di Balai Desa Tumpangkrasak, Kudus, Jateng. (Antara Foto/Yusuf Nugroho)

Editor: M Kautsar - Jumat, 20 Mei 2022 | 12:00 WIB

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyono menyambut baik atas keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kembali membuka larangan minyak goreng. Menurutnya kebijakan ini akan menggairahkan minyak sawit nasional.

“Semoga perdagangan minyak sawit dan turunannya bergairah kembali baik domestik maupun ekspor,” kata Joko, dikutip dari Antara, Jumat (20/5/2022).

Dikatakan Joko, pihaknya terus mendukung segala kebijakan dan program dari pemerintah untuk menyediakan minyak goreng curah yang terjangkau kepada masyarakat di dalam negeri.

“Gapki terus bekerja keras agar industri sawit yang memiliki perang penting bagi perekonomian Indonesia terus dapat ditingkatkan,” jelasnya.

Baca Juga: Ekspor Dibuka, Pengusaha Sawit Sambut Baik Keputusan Presiden
Indonesia Larang Ekspor CPO, Malaysia Gantikan Pasokan?

Untuk diketahui, Presiden Jokowi akan membuka kembali ekspor minyak goreng pada Senin, 23 Mei 2022 mendatang. Hal itu, kata dia, telah mempertimbangkan dari berbabagi lini salah satunya adalah banyaknya jumlah petani yang menggantungkan hidup di industri sawit.

“Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini, serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga di industri sawit, baik petani, pekerja dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin 23 Mei 2022,” ucap Jokowi.

Video Terkait