Permendag 33/2022 Terbit, Pemerintah Jamin Migor Curah Harga Terjangkau

Ilustrasi - Minyak goreng curah. (Antara)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 26 Mei 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan resmi mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 33 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) berlaku pada 23 Mei 2022. Melalui Permendag itu, pemerintah menjamin ketersediaan minyak goreng curah bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia dengan harga terjangkau.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan Permendag itu akan mengatur penerapan sistem kontrol siklus tertutup (closed loop system) bagi pelaku usaha jaringan logistik yang mendistribusikan minyak goreng curah hasil domestic market obligation (DMO).

Lutfi menjelaskan Permendag 33/2022 akan memastikan pasokan bahan baku minyak goreng ke pabrik lalu pengecer hingga  konsumen dengan harga Rp14.000 per liter atau Rp15.000 per kilogram. Penjualannya dilakukan di 10.000 titik yang ditentukan pemerintah dan kalangan dunia usaha.

Baca Juga: Permendag 33/2022 Terbit, Pemerintah Jamin Migor Curah Harga Terjangkau
Pencabutan Larangan Ekspor CPO Langkah Strategis Pulihkan Ekonomi



"Kami akan menggunakan aplikasi digital untuk memastikan suplai CPO ke produksi kemudian dari produksi minyak goreng sampai penyerahan konsumen menggunakan nomor induk kependudukan (NIK). Dengan demikian kredibilitas, akuntabilitas, dan transparansi akan terjamin," jelas Lutfi, Rabu (25/5).

Permendag 33 Tahun 2022 dibuat menyusul Permendag 30 Tahun 2022 tentang pengaturan ekspor minyak sawit diterbitkan. Domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO) akan diterapkan kembali oleh pemerintah untuk menjamin pasokan bahan baku minyak goreng dalam negeri tetap tersedia. 

 

Video Terkait