Pemerintah Resmi Cabut Subsidi Minyak Goreng Mulai Hari Ini

Ilustrasi - Minyak goreng curah. (Antara Foto/Jessica Helena Wuysang/aww)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Rabu, 1 Juni 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah resmi mencabut subsidi untuk minyak goreng jenis curah mulai 1 Juni 2022. Sebelumnya, subsidi minyak goreng dilakukan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Akan tetapi, pembiayaan tersebut hanya sampai 31 Mei 2022.

Kebijakan ini mengacu pada Pasal 3 Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 26 Tahun 2022 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 8 Tahun 2022 tentang Penyediaan Minyak Goreng Curah untuk Kebutuhan Masyarakat, Usaha Mikro, dan Usaha Kecil dalam rangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Penyediaan minyak goreng curah untuk kebutuhan masyarakat, usaha mikro, dan kecil dalam kerangka pembiayaan oleh BPDPKS dilaksanakan sampai tanggal 31 Mei 2022," tulis aturan tersebut.

Sementara itu, pada pasal 10 C juga disebutkan bahwa permohonan pembayaran dana pembiayaan minyak goreng curah oleh pelaku usaha kepada BPDPKS harus disampaikan secara daring melalui SIINas paling lambat 31 Juli 2022.

Tak hanya untuk penyediaan minyak goreng curah, sistem informasi minyak goreng curah (Simirah) dalam SIINas juga digunakan untuk bahan pertimbangan pelaksanaan pemberian persetujuan ekspor minyak sawit.

Dalam aturan tertulis bahwa Menteri melakukan pengawasan terhadap data dan informasi dalam sistem informasi minyak goreng curah (Simirah) yang digunakan sebagai bahan pertimbangan pelaksanaan pemberian persetujuan ekspor sebagaimana dimaksud pasal 18A.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika mengungkapkan bahwa alasan program subsidi minyak goreng dihentikan karena harga komoditas tersebut sudah turun jika dibandingkan beberapa bulan sebelumnya.

Baca Juga: Pemerintah Resmi Cabut Subsidi Minyak Goreng Mulai Hari Ini
Industri Minyak Sawit Didorong untuk Sediakan Minyak Goreng Curah

"Kami tinggal menunggu tanda tangan Menteri Perindustrian untuk perubahan ketiga mengenai determinasi program penyediaan minyak goreng curah dalam pedanaan BPDPKS atau minyak goreng curah susbidi dan mekanisme kembali ke DMO," ujarnya saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI.

Selanjutnya, program minyak goreng curah nantinya akan diganti dengan kebijakan domestic market obligation (DMO) dan domestic price obligation (DPO).

Video Terkait