Tanaman Obat Kaltim yang Tokcer, Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan

Ilustrasi pasak bumi. (wikimediacommons)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 7 Juni 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Tanaman herbal kini makin menjadi pola hidup pada sebagian masyarakat Indonesia. Keberadaannya pun diyakini sangat berguna bagi kesehatan dan ketahanan tubuh.

Untuk di Kalimantan, terkenal akan banyak tumbuhan yang memiliki khasiat luar biasa. Sejak zaman dulu, masyarakat kuno di sana sudah lazim memanfaatkannya dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

Menukil dari Antara, tanaman berkhasiat obat semakin digandrungi sebagai pengobatan alternatif. Seperti juga dilakukan oleh sebagian masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim).

Tanaman Obat di Kalimantan Timur yang Tokcer dan Miliki Potensi Jadi Bisnis Menjanjikan

1. Pasak Bumi

Tanaman Pasak Bumi yang bernama latin Eurycoma longifolia tersebar dari semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Tanaman ini mengandung senyawa antioksidan, anti radang, dan anti bakteri yang jika dikonsumsi dapat memberikan berbagai manfaat.

Pasak Bumi terkenal hingga dunia internasional dengan khasiatnya untuk memulihkan stamina vitalitas laki-laki. Selain itu, tanaman ini juga berkhasiat untuk meningkatkan massa otot, menjaga stamina, meredakan stres, hingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Bawang Dayak

Tumbuhan yang lebih dikenal sebagai Bawang Tiwai di wilayah Kalimantan Timur ini memiliki nama latin Eleutherine palmifolia (L.) Merr dengan karakteristiknya yang berukuran lebih kecil dari bawang merah biasa, warna merah yang lebih menyala, dan permukaan kulit yang lebih licin.

Bagian umbi dari Bawang Dayak ini dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit sehingga tanaman ini kerap dibudidayakan oleh masyarakat pedesaan Kalimantan di pekarangan rumah mereka.

Beberapa manfaat dari Bawang Dayak di antaranya adalah menurunkan kadar kolesterol, berpotensi mencegah penyakit jantung, membantu mengatasi gejala mengganggu pada wanita menopause, meningkatkan kepadatan tulang wanita menopause, serta berpotensi mengatasi infeksi.

Baca Juga: Tanaman Obat Kaltim yang Tokcer, Bisa Jadi Bisnis Menjanjikan
Kurangi Impor dari Cina, Negara Ini Tingkatkan Pertanian Tanaman Obat

3. Kenanga

Bunga dari pohon Kenanga atau Cananga odorata dikenal dengan aromanya yang harum. Tidak hanya itu, bunga Kenanga juga memiliki khasiat bagi kesehatan yang pada umumnya berasal dari kandungan minyak atsiri yang dimilikinya.

Minyak tersebut dimanfaatkan sebagai aroma terapi yang mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, mencegah dan meringankan gejala asma, hingga mengobati infeksi jamur. Bagi etnis Kalimantan, bunga Kenanga dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri haid, sedangkan bagian kulit dalam dari pohon Kenanga ini dimanfaatkan sebagai penawar racun dari binatang berbisa.

Video Terkait