Konsumsi Meningkat, Negara Ini Akan Ekspor Teh Hitam ke Cina

Minuman teh hitam, (Pixnio)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 13 Juni 2022 | 17:15 WIB

Kenya tengah berusaha mengekspor teh hitam ke Cina menyusul meningkatnya minat di Negeri Tirai Bambu, sebagaimana diberitakan Kenya NewsDuta Besar Kenya untuk Cina, Muthoni Gichohi, mengatakan bahwa konsumsi teh hitam tengah meningkat di Cina.

Menurut Gichohi, meskipun teh hitam bukan tradisi di Cina, tetapi komoditas itu semakin populer di Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Saya akan menggandeng produsen teh swasta untuk mendirikan pabrik di Kenya, sehingga menghasilkan teh untuk ekspor yang memenuhi standar mereka,” katanya, saat melakukan tur di Pabrik Teh Nduti di Murang'a, Kenya.

Gichohi mengatakan bahwa dia berencana memperkenalkan teh hitam ke Cina untuk membantu memperkuat hubungan bilateral Kenya-Cina dengan meningkatkan ekspor ke  negara itu, yang turut akan akan meningkatkan perekonomian Kenya.

Cina merupakan mitra penting dan strategis untuk Kenya sehingga kedua negara selalu berkolaborasi dalam Komunikasi dan Teknologi Informasi (TIK), untuk mendorong ekonomi digital di Kenya dan terus bekerja sama dalam pengembangan transportasi regional program Belt and Road Initiative/BRI, serta menciptakan pasar produk pertanian Kenya.

Ketua Pengurus Pabrik Teh Nduti, Nancy Ndung’u, mengatakan bahwa mereka telah melatih para petani teh untuk melakukan budidaya yang baik.

Para petani saat ini mengetahui bagaimana memilih teh kualitas terbaik dari pertanian, untuk membantu pabrik memproses teh berkualitas baik untuk ekspor dan mendapatkan hasil yang lebih baik,” terangnya.

Baca Juga: Konsumsi Meningkat, Negara Ini Akan Ekspor Teh Hitam ke Cina
Dampak Konflik Ukraina, CORE: Ekspor RI dan Ekonomi Tumbuh

Anggota Dewan Kenya Tea Development Agency/KTDA, Githinji Mwangi, mengatakan bahwa Kabupaten Murang'a hingga saat ini telah memproduksi 38 juta kilogram teh.

Dia menambahkan, KTDA juga telah mulai mempromosikan pertanian berkelanjutan dan salah satu produk utama yang akan datang adalah alpukat.

Video Terkait