Perusahaan Guatemala Sukses Ekspor Rambutan dan Durian

Tips Memilih Buah Rambutan yang Manis dan Segar

Editor: Putri - Rabu, 22 Juni 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Rambutan dan durian adalah buah eksotis yang umum dibudidayakan di kawasan Asia. Namun sebuah perusahaan di Guatemala, Amerika Tengah, berhasil membudidayakan dan memasarkan buah-buahan eksotis tersebut untuk pasar nasional dan juga ekspor ke berbagai negara.

Perusahan bernama Prime Tropics ini awalnya adalah spesialis dalam produksi polimer. Namun ketika harga karet jatuh dan nyaris bangkrut, mereka banting setir dengan terjun ke dunia agribisnis, khususnya buah-buahan tropis.

Prime Tropics memulai petualangannya dalam budidaya dan pemasaran buah-buahan eksotis dengan rambutan pada 2004.

"Pada awalnya, orang hampir tidak tahu buah ini, tetapi kami berkampanye untuk membuatnya lebih dikenal, dan sekarang kami mengekspor dalam jumlah signifikan dan juga menjualnya di pasar nasional dan bahkan di pasar Amerika Tengah," kata manajer perusahaan Edilson Hernandez.

Perusahaan ini memulai usaha dengan menanam 7.000 pohon dan sekarang memiliki 150.000 pohon rambutan. "Kami adalah produsen rambutan terbesar di Guatemala dan di seluruh Amerika Tengah," ujar Hernandez seperti dilansir freshplaza.com.

"AS adalah pasar terbesar kami, terutama karena kami hanya berjarak 3 jam dari Miami. Apa yang kita panen hari ini dapat ditemukan di pasar AS sehari setelahnya. Kami juga berhasil menempatkan rambutan dengan kualitas optimal di Kanada, Jepang, dan Eropa. Pasar Eropa terbesar kami adalah Belanda, Prancis, Jerman, dan Inggris Raya," kata sang manajer .

Buah eksotis lain yang juga dikembangkan untuk pasar ekspor adalah durian. Prime Tropics akan melakukan ekspor perdana durian Guatemala secara komersial ke Amerika Serikat dan Eropa dalam 2-3 minggu ini, setelah sebelumnya melakukan serangkaian uji coba pemasaran.

Perusahaan ini akan menembus pasar durian AS dan Eropa yang selama ini dipasok dari Thailand. Kebun durian milik Prime Tropics adalah kebun yang eksklusif dan satu-satunya di Guatemala saat ini.

"Selain produksi kami, tidak ada perkebunan durian komersial di seluruh Amerika Latin," kata Hernandez, sembari menambahkan bahwa jumlah pohon durian yang ditanam kini mencapai 8.000 pohon.

Baca Juga: Perusahaan Guatemala Sukses Ekspor Rambutan dan Durian
Cina Buka Gerbang Ekspor Baru untuk Durian Thailand



Pasar terus berkembang

Prime Tropics memulai ekspor produk rambutan pada 2008 dan umumnya hanya dibeli oleh komunitas Asia di AS dan Eropa. Sekarang, rambutan adalah produk yang dikonsumsi oleh sebagian besar populasi di AS dan Amerika Tengah.

Hernandez meyakini, hal yang sama juga akan terjadi pada pasar durian yang akan terus berkembang. Prime Tropics juga telah memperluas portofolionya selama bertahun-tahun dengan buah-buahan yang berbeda.

Buah-buahan lainnya yang diproduksi Prime Tropics adalah baby nanas, manggis, dan salah satu produk yang paling menonjol yakni jeruk limau jari. Mereka memasok jeruk limau ke pasar Eropa sepanjang tahun dengan volume yang signifikan. 

Video Terkait